Jika Berkunjung Ke Tasikmalaya, Saya Ingin Mencoba 5 Kuliner Khas Ini

by - Monday, May 28, 2018

pic source: NasionalTempo.co

Beberapa waktu lalu, beberapa kali saya menuliskan keinginan saya untuk piknik ke beberapa kota yang terkenal dengan wisata alam dan budayanya seperti Bali, Jogja dan Makassar. Saya lupa, ternyata selain kota-kota yang saya tuliskan itu masih ada kota lain yang tak kalah layak untuk dikunjungi dan dinikmati pesona alam juga kulinernya, salah satunya adalah Tasikmalaya.

Tasikmalaya adalah sebuah kota di Jawa Barat yang terkenal dengan sebutan kota seribu pesantren. Kota asal pebulutangkis Susi Susanti ini tak hanya terkenal karena santrinya, tapi juga kulinernya yang memanjakan lidah.


Untuk menuju Tasikmalaya, kita bisa menggunakan sarana transportasi bus, misalnya saja bus Primajasa. Fyi, fasilitas yang diberikan bus Primajasa ini cukup lengkap lho, mereka menyediakan tiga pilihan kelas yang bisa dipilih oleh calon penumpang mulai dari kelas ekonomi, ekonomi AC, dan juga kelas eksekutif. Dan yang menyenangkan, tiket bus Primajasa ini sekarang bisa dibeli online di aplikasi Traveloka.

Menurut saya, berkunjung ke manapun tanpa mencicipi kuliner lokal rasanya seperti ada yang kurang. Seperti halnya berkunjung ke Tasikmalaya, wajib banget nih untuk mencicipi kuliner sunda ala Tasikmalaya yang menurut orang-orang sangat lezat itu.

Jika saya diberi kesempatan berkunjung ke Tasikmalaya, 5 makanan khas di bawah ini tak akan saya lewatkan:
#Nasi Cikur
pic source: pikiran-rakyat.com

Menurut info yang saya baca, kuliner ini cukup mudah ditemukan di berbagai warung makan di kota Tasikmalaya, salah satunya warung sederhana Kantin 43 di jalan Panyerutan. Di warung ini, pengunjung akan dimanjakan dengan cita rasa khas Tasik yang begitu kental.

Oh iya, cikur artinya kencur dalam bahasa Sunda, jadi Nasi Cikur adalah nasi yang diolah seperti membuat nasi goreng dengan ditambahi kencur muda. Aroma kencurnya sangat khas dan menggugah selera yang menghirupnya.

Nasi cikur sangat pas disajikan bersama sambal goang, irisan telur dadar, tahu goreng dan kentang goreng sambal. Kita juga bisa menambahkan berbagai macam lauk saat menikmatinya.


#Kupat Tahu Tasikmalaya

pic source: rinaldimunir.wordpress.com

Meskipun kita sering melihat penjual Kupat Tahu di daerah kita, namun kupat tahu di daerah Tasikmalaya memiliki cita rasa berbeda dibandingkan dengan kota lain. Makanan yang biasanya dijual oleh pedagang kaki lima ini bisa kita temukan hampir di seluruh wilayah Singaparna. Kupat Tahu menjadi menu sarapan favorit di kota ini, karena itu tak afdol rasanya bila sudah berada di sini namun tak mencobanya :)


#Pecel Oranye 

pic source:princessponi2.blogspot.com

Jangan mengira pecel ini sama seperti pecel di tempat lain yaa karena cita rasa dari Pecel Oranye ini begitu khas dan tidak ada di daerah lain. Oh iya, warung makan Pecel Oranye ini sudah ada semenjak tahun 1925 lalu loh. Wow usianya udah lebih 100 tahun tuh bahkan berdirinya sebelum Indonesia merdeka euy. Yang bikin salaut adalah, cita rasanya juga tetap terjaga hingga kini.

Harga untuk satu porsi pecel unik ini sangat terjangkau untuk ukuran kantong kita yaitu hanya Rp 15.000,- saja, murah meriah yaa. Untuk menemukannya, kita hanya tinggal menuju ke Jl. Empang No.27.

#Nasi TO 

pic source:ksmtour.com

Nasi TO ini adalah kependekan dari Nasi Tutug Oncom. Bila saya berkunjung ke Tasikmalaya, saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk mencoba masakan khas sunda yang satu ini. Nasi TO ini terdiri dari nasi oncom dengan tambahan bumbu seperti kencur, bawang, dan rempah-rempah lainnya. Hanya dengan merogoh kantong sebesar 10 ribu rupiah saja, kita sudah bisa menikmati masakan khas ini, wow lagi-lagi saya berdecak kagum dengan harganya yang murah meriah.

#Mie Baso Laksana 

pic source: travelingyuk.com

Makanan berikutnya yang wajib saya coba saat ke Tasikmalaya adalah Mie Baso Laksana. Warung makan ini adalah salah satu warung legendaris yang ada di Tasikmalaya. Cita rasanya yang khas membuat Mie Baso Laksana tetap menjadi primadona meski waktu terus berganti.

Selain itu saya juga tak akan lupa untuk mencoba Mie Yamin saat ke sana. Lalu berapakah harga makanan ini? Sama seperti makanan khas lain, harga dari makanan ini hanya 20 ribu rupiah saja kok. Murah kan?

Demikian 5 jenis makanan yang bakalan saya coba saat berkunjung ke Tasikmalaya. Dan bila saya diberi kesempatan kesana, saya akan memesan tiket bus Primajasa melalui aplikasi Traveloka. Kalau kamu,  daerah manakah yang ingin kamu kunjugi sekaligus ingin kamu cicipi makanan khas daerahnya, Teman?

You May Also Like

21 komentar