Diet Karbo Malam Hari

pic source: pixabay.com

Malam ini adalah malam kesepuluh saya tak makan nasi. Ya, kalian tak salah baca, sudah sembilan malam (karena satu malam gagal yaitu pada malam keenam) terakhir saya DIET alias tidak makan nasi (karbohidrat) pada malam hari, hehehe 😀😀

Berita ini mungkin terdengar lucu (aneh?) di telinga teman-teman yang mengenal saya dalam keseharian atau sering berinteraksi dengan saya secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hati mereka mungkin akan muncul pertanyaan seperti ini "dengan bentuk tubuh yang tergolong kurus seperti itu kok masih nekat diet sih?"

Hehehe, memang tidak salah bila mereka mengajukan pertanyaan seperti itu karena sejak dulu banyak yang bilang bahwa tubuh saya memang tergolong kurus. Dengan tinggi badan 157 cm, berat badan saya saat terakhir kali menimbang adalah 48 kg. Hmmm, memang kurus kah?

Dibilang kurus sebenarnya tidak sepenuhnya benar, yang benar adalah bentuk tubuh saya tidak proporsional. Ada bagian-bagian di tubuh saya yang menebal (menggembung), khususnya di bagian perut dan pipi. Dugaan saya, penyebabnya karena selama ini pola makan malam saya salah. Saya akui, hampir setiap hari saya makan malam (nasi+lauk) di atas jam 20.00, akibatnya dalubi (kulit perut) saya semakin bergeser ke depan alias membuncit 

Dan karena saya menganggap makan malam (nasi) adalah penyebab perut buncit yang saya derita, jadilah sejak malam selasa minggu lalu (tanggal 23 Juli 2018) saya putuskan untuk puasa makan nasi pada malam hari. Nasi atau karbohidrat yang biasanya setia menemani, saya ganti dengan buah.

pepaya jadi buah favorit

Alhamdulillah sudah sepuluh malam saya menjalani diet karbo ini. Walau belum terlihat ada perubahan yang signifikan pada bentuk perut dan pipi saya tapi saya bertekad akan terus menjalani diet ini, entah sampai kapan. Saya yakin pasti bisa! Doakan semoga saya istiqomah menjalaninya yaa.

Baca Juga: Lauk Sahur Andalan di Penghujung Ramadhan

Lalu apakah diet ini tak menemui kendala? Hohoho, kendalanya jangan ditanya. Sejak malam pertama, niat mulia ini sudah diragukan oleh adik saya."Yakin nih mau diet? Dalam waktu sebulan saya yakin kamu bakalan kembali pada kebiasaan lama" begitu katanya sambil tersenyum penuh arti.

Pertanyaan serupa juga diajukan suami saya. Dia bahkan beberapa kali menawari saya makan camilan dan indomi rebus yang sangat sulit saya tolak. Belum lagi anak saya yang tidak menghabiskan makan malamnya yang kemudian sisa makanan tersebut ditawarkannya kepada saya yang sedihnya juga tak bisa saya tolak, huhuhu. Nyesal banget deh setelah makan 

Ya, harus saya akui bahwa selama sepuluh malam menjalani diet karbo ini, pernah satu malam (malam minggu kemarin) saya kecolongan karena gagal menahan nafsu, saya khilaf dan tergoda oleh tawaran Wahyu dan papanya. Semoga kejadian seperti ini tidak terjadi lagi, amiiin.

Oh iya, maafkan bila tulisan ini tak berfaedah, saya sengaja menulis cerita  tak penting ini agar kelak dapat menjadi pengingat bila semangat diet saya mulai kendor. Atau bila pun saya tak berdiet lagi, tulisan ini bisa jadi pengingat bahwa dulu saya pernah berdiet untuk mengecilkan dalubi yang semakin menebal, hehehe


Baubau, 01 Agustus 2018

Comments

  1. Ayoo ayoo semangat diet..
    Kalo saya sih ga kuat sehari ga makan nasi..
    Jadi diet buat saya itu Mustahil wkwk..

    Tapi keren artikelnya ini.. Mantep.

    ReplyDelete
  2. hahahah, biasanya memang orang sekitar yang ndak mendukung ya Kak.. godaannya itu yaaah bikin susah nolak, apalagi indomie rebus *uuupsss :D

    ReplyDelete
  3. Wah aku juga pengen mba diet karbo tapi ntar habis selesai menyusui si kecil. Penting itu untuk ngecilin perut apalagi habis ngelahirin perutnya masih gede dan malah ada yang ngirain aku hamil lagi hiks hiks

    ReplyDelete
  4. Waaah... Saya termasuk orang yg susah diet, apalagi klo malam hari suami pulang bawain mie ayam ato gorengan, mata jadi blink2 lihat makanan hiks.... Susah deh dietnya padahal makan malam termasuk ngemil malam itu gak bagus ya mbak hehehe

    ReplyDelete
  5. Aku dari kemarin belum makan nasi mbak karena pas acara juga gak ada nasi hihihi. Nah hari ini kaya balas dendam makan banyak hahaha padahal gak bagus ya. Langsung olahraga lagi deh besok buat bakar lemak lagi. Hmmm gak beda jauhlah berat badannya sama aku mbak, aku 160/47 hihihi kurus atau gak tuh? Diet untuk kesehatan aja ya mbak sebaiknya

    ReplyDelete
  6. Lah samaan Mbak, aku ngerasa kalau sekarang perutku menggendut karena makan selalu di atas jam 7 malam. Nggak makan, kok lapar. Makan, kok perut jadi menggendut. Pengen makan sore, tapi nyatanya aku baru sampai rumah di atas jam 7 malam dan baru sempat makan. Duhhh..

    ReplyDelete
  7. Penasaran sama hasilnya mba, kira2 udh ada hasil di timbangan blm ya? Semoga istiqomah ya mba dietnya, yg penting sehat yaa

    ReplyDelete
  8. Kalau saya nggak bisa banget kalau nggak makan nasi. Berasa nggak makan saja kalau nggak pake nasi. Jadi kalau mau diet karbo kayak mbak Ira ini duh ku tak sanggup.

    Semangat diet ya mbak, hati2 dengan godaan dari suami, anak dan adeknya hehe. Benar, dengan menuliskan di blog bisa jadi pengingat. Saya juga kalau ada hal yang ingin saya jadikan reminder, sering saya tuliskan di blog.

    ReplyDelete
  9. Mba Ira semangat ya mba dietnya. Padahal mba lebih kurus dari aku tuh. Hihi. Aku kadang ga kuat godaan makan malam karena di suap suami. Sesuap aja sesuap aja eh jadi bersuap suap. Hehhe

    ReplyDelete
  10. aku pernah juga nyoba gak makan nasi saat malam hari.
    tapi semua itu hancur ketika ada martabak telor panas yang terhidang di piring.
    receh banget kan alasannya... --"

    ReplyDelete
  11. aku juga harus diet karbo, mbak. Sekarang roti juga diganti roti gandum. Nasi juga dikurangi hanya siang aja jadinya

    ReplyDelete
  12. Sebenarnya saya tak paham mengapa komen yang tadi sore diberikan tak segera tayang di blog ini padahal di ponsel saya lihat dimoderasi. khawatir masuk spam padahal sedang maraton BW jadinya tak tenang kala komen yang diberikan tak segera beroleh respons apakah sudah masuk atau belum.
    Mohon maaf, Mbak. Saya rasa lebih bijak jika dalam maraton BW segera menayangkan komentar teman yang masuk meski agak ribet, demi kepastian bahwa memang sudah tepat kala mengisi list yang dicentang.
    Baiklah, saya bolak-balik buka blog ini entah berapa kali dalam sehari, he he. Setidaknya bisa meningkatkan trafik blog ini.
    Soal diet karbo, saya dukung Mbak semoga istiqomah karena memang tidak mudah melaksanakan hal demikian bagi saya pribadi yang kerap kelapartan malam-malam saat sedang asyik menulis. Bagkan malam ini juga rasanya pengen rebus mie karena udara dingin bikin lapar.
    Yah, seharusnya saya punya stok buah agar bisa diet karbo. Lebih sehat dan mudah dicerna karena banyak mengandung serat, atau makan salad saa, ya? :)

    ReplyDelete
  13. Kalau saya bukannya ga makan nasi, tapi ngurangi nasi.
    Gak sengaja sih, cuman sejak hamil kemaren lebih suka sayur dengan nasi sedikit.
    saking udah kebiasaan, sekali makan nasi banyak.
    ampuunn perut jadi sakit.

    sayangnya BB tetep di atas rata2 hahaha.
    gimana enggak?
    iya sih ga makan nasi, tapi ngemil cokelat di atas jam 9 malam.
    makan mie instan di pukul 12 malam hahaha
    *kabuurrrr

    ReplyDelete
  14. Kren banget kak bisa nahan makan nasi ,, duh akutuh ga kuat kalau ga makan nasi apalagi lauknya sayur asem sama ikan asin hehe. Btw semangat dietnya ya mba semoga berhasil.

    ReplyDelete
  15. Duh apakabar dengan BB ku yang gampang naik dan susah turun, iyah mba Ira termasuk kurus dengan BB 48, bedanya jauh banget deh sama aku, hiks mau dong Bb segitu, kayaknya mesti diet karbo juga nih tapi nggak tahan godaan gorengan nih

    ReplyDelete
  16. Iya mba .. ini dah mulai ngejalanin berdua suami tiap malam.dah makan buah nih bust pngganti karbo

    ReplyDelete
  17. Aku gak sanggup kalo disuruh diet karbo malam. Waktunya suami dan anak kumpul, adanya cuma jajan aja, nasi goreng, sate ayam lontong, macem2. Masa aku disuruh melongo aja nonton, ku tak sangguuuup hahahahaa

    ReplyDelete
  18. semangat kakak, semoga diet karbo do malam harinya sukses dan lancar ya, kak. btw hanya sharing dikit aja kak, pernah baca, untuk diat karbo, memang dianjurkan untuk tidak makan apapun setelah pukul 5 sore. jadi usahakan makan sebelum pukul 5. jadi makan malam tiada.

    kalau makan buah, baiknya yang gak mengandung gula kak. coba makan salad aja kak.

    ReplyDelete
  19. Ya Allah udah setahun nggak makan buah pepaya aku Mba Ira hahaha duh dingatin jadi pengen beli
    soalnya aku kalo pepaya mateng agak kurang suka, enak itu yang masih gemadung kayak punyamu buat rujak seger

    ReplyDelete
  20. Loh jangan gitu atuh mba. Tulisan mba ira sangat berfaedah banget. Apalagi aku yang blass ga pernah diet2an wkwkwk

    ReplyDelete
  21. Pepaya memang menjadi buah favorit banget ya untuk diet, selain rasanya enak, pepaya juga mudah didapat.. efektif juga untuk melancarkan pencernaan.. perut buncit bye deh dengan diet karbo.. aku dah lama banget ngga diet karbo gini hiks.. mau memulai ladi deh.. ini celana dah ngepresss

    ReplyDelete
  22. Diet karbo memang perlu banget ya Mbak. Soalnya nutrisi satu ini kalau kelebihan juga ga baik buat kesehatan tubuh

    ReplyDelete
  23. Gakuaaattt...
    Aku pernah nyobain ga makan nasi, dapet seminggu lalu nggliyeng.
    Hahha...aku aseli wong Jowo.
    Jadi makan mie juga selama belum ketemu nasi, namanya "Belum makan".

    Eaaa~

    ReplyDelete
  24. hahaha diet suamiku nih. tp dia det aku makan mie rebus pakai telor dia nya ngmabek wkwkwwk

    ReplyDelete
  25. Mba Ira sih masih langsing, tapi kalo untuk kesehatan juga bagus sih mengurangi karbo

    ReplyDelete
  26. Mbaaa...semangat dietku udah lama menguap entah kemana. Semenjak resign dan enggak ngantor lagi, berat badanku naik terus hihiii... keenakan di rumah nih kayaknya.
    Mau olah raga kok ya males-malesan. Duuuhh... kudu segera bertindak nih. :)

    ReplyDelete
  27. Mba aku tuh lagi mau diet tapi susah banget huhuhu. Soalnya badan udah berat banget mba

    ReplyDelete
  28. klo diet karbo malam hari aku juga sedang coba... kadang kepngen ngemil yang masih blm bs dihindari

    ReplyDelete
  29. saluuutt yang bisa diet karbo, saya maju mundur nih haha karena masih menyusui jadi bawaannya luaper terus wkwk

    ReplyDelete
  30. Malam nih saya justru makan berat dan efeknya perut paska lahiran makin ndut, duh. Pengen coba deh nanti diet karbo malam, tapi memang ujiannya berat si Ayah sering bikin mie malam hari hahaha

    ReplyDelete
  31. ih keren bisa konsisten mbak.. aku pernah coba ga makan nasi, ganti dengan pisang, tapi kok masih laper, jadi malah banyak ngemil ini itu, hihi.. jadi ga aku terusin aja deh, belum kuat tekad nya xD

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca tulisan saya, jangan lupa tinggalin komennya yaa ;)