Mudik Lebih Nyaman Dengan Traveloka

By Irawati Hamid - September 21, 2018

pic source: pixabay.com
Tak terasa lebaran sudah beberapa bulan lalu meninggalkan kita. Bila ada yang bertanya pada saya tentang apa yang tersisa dari lebaran kemarin, maka jawabannya adalah kenangan indah bersama adik-adik saya. Ya, adik-adik saya memang tinggal jauh dari kota kami dan baru akan pulang kampung atau mudik pada saat-saat tertentu saja misalnya saat lebaran atau libur nasional yang waktunya cukup lama seperti libur kenaikan kelas (profesi adik-adik saya adalah guru).

Alhamdulillah, lebaran kemarin seluruh anak mama ngumpul dan merayakan idul fitri bersama-sama di Lombe (salah satu kecamatan di Kabupaten Buton Tengah). Banyak hal menarik yang kami lakukan bersama, apalagi kemarin adalah pertama kalinya mama bertemu dan memeluk cucu (anak adik saya yang tinggal di Ternate) yang selama ini hanya dipandanginya lewat sosmed dan aplikasi chatting saja, makin lengkaplah kebahagiaan itu.

Ngomongin mudik, entah mengapa saya kok tiba-tiba teringat pada masa-masa kuliah dulu yaa? Saat itu, transportasi yang digunakan untuk mudik belum sebanyak sekarang. Kota tempat saya kuliah (Makassar) dan daerah asal saya (Kota Baubau) hanya bisa ditempuh dengan jalur laut jadi kapal laut adalah satu-satunya alat transportasi yang saya gunakan setiap kali mudik lebaran atau pulang liburan semester.


Saat itu belum ada rute penerbangan dari dan menuju kota Baubau jadi jadwal mudik saya bergantung pada jadwal kapal laut. Belum lagi bila tiba musim mudik lebaran atau liburan semester, kapal laut dipenuhi lautan manusia. Lantaran banyaknya penumpang, hampir semua tempat di atas kapal dihuni oleh penumpang, bahkan di atas sekoci pun ada yang menempatinya. Saat itu saya sangat akrab dengan pemandangan orang tidur di lantai kapal hanya beralaskan tikar dari kulit semen. 

Hal lain yang akrab dengan penumpang kapal laut adalah antrian mengular dan berdesak-desakan saat naik ke atas kapal. Dibutuhkan fisik yang kuat saat akan naik ke atas kapal karena para penumpang berlomba untuk segera sampai ke atas tanpa memperdulikan orang lain. Tapi syukurlah beberapa tahun terakhir penumpang kapal laut tak lagi mengalami hal seperti itu. Sekarang kondisinya sudah jauh lebih baik karena jumlah penumpang kapal laut sudah dibatasi. 

Tapi yang lebih melegakan lagi adalah empat tahun terakhir ini sudah ada rute penerbangan dari dan menuju kota Baubau jadi para pemudik yang mau pulang lebaran atau liburan semester ke sini tak perlu lagi bersusah-susah mencocokkan jadwalnya dengan jadwal kapal laut. Mudiknya sudah lebih mudah dan cepat. 

Ngomong-ngomong tentang liburan semester, pada liburan semester bulan Desember nanti, adik saya dan istrinya yang saat ini tinggal di Ternate, berencana menghabiskan masa liburannya bersama mama di Lombe, lebaran kemarin mereka belum puas menikmati kebersamaan bersama mama, katanya.

arus balik lebaran kemarin

Ahhh, kebetulan banget nih, pada saat itu saya dan suami juga berencana meng-khitan anak kami, jadi pas bangetlah waktunya, adik saya bisa menghadiri acara khitanan keponakannya. 

Berbeda dengan lebaran kemarin yang naik kapal laut, mudik kali ini mereka memilih untuk naik pesawat saja karena anaknya agak rewel bila naik kapal laut. Mereka sudah mulai hunting tiket pesawat. Agaknya mereka berencana berangkat dari Ternate pada tanggal 22 Desember. Dan rencananya setelah tiba di Baubau, mereka tidak langsung ke rumah mama di Lombe (jarak Lombe dan Baubau ± 35 KM, dengan dua kali mengganti moda transportasi) melainkan akan menginap di hotel dulu untuk menghilangkan rasa penat sekaligus menikmati suasana kota Baubau. 

Dalam rencana kepulangannya Desember nanti, adik saya bertanya di mana sebaiknya ia memesan tiket pesawat? Ia juga bertanya hotel mana saja yang bagus untuk nginap di Baubau dan bagaimana cara booking hotelnya nanti. Mendengar pertanyaannya, segera saya sarankan untuk membuka aplikasi Traveloka. Saya jelaskan bahwa Traveloka punya produk booking tiket pesawat + hotel dalam satu paket. 

Mendengar saran saya, adik saya langsung mencoba untuk booking produk spesial dari Traveloka ini. Dan benar saja, setelah membandingkan harga antara memesan tiket pesawat + hotel secara terpisah di traveloka dengan pemesanan satu paket menurutnya memesan tiket pesawat dan hotel secara bersamaan lebih hemat dibanding memesan secara terpisah, bahkan hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun.



Adik saya kaget melihat selisihnya, katanya selisihnya lumayan besar. Menurutnya nilai sebesar itu bisa dipakai sebagai salam tempel pada keponakannya yang akan dikhitan nanti, hehehe. Ia juga bilang bahwa memesan tiket pesawat + hotel dalam satu paket terasa lebih mudah dan hemat waktu. Oh iya, buat kamu yang penasaran dengan paket ini, boleh lihat di halaman ini yaa.

Saya bahagia mendengarnya berkata seperti itu, karena itu berarti ia puas dan percaya dengan apa yang saya rekomendasikan. Dan kalau sudah seperti ini, saatnya kami menunggu kedatangan mereka di bulan Desember nanti. Ahhh, membayangkan kedatangan mereka saja hati ini sudah bahagia.

Kalau kamu, apa yang kamu rencanakan untuk mengisi liburan di akhir tahun nanti, Teman? Yuk rencanakan liburanmu dari sekarang. Dan jangan lupa, agar biaya hotel + tiket pesawat lebih murah, pesanlah tiket pesawat + hotel dalam satu paket di Traveloka J

  • Share:

You Might Also Like

39 komentar

  1. Selisihnya bisa lumayan banyak ya klo via Traveloka, jadi double untung dong kita ya. Udah bookingnya cepet, dapet selisih pula dr jumlah ratenya. Bisa dicoba aah ntar klo mau melakukan perjalanan.

    ReplyDelete
  2. Mudik selalu memberikan kenangan, kenangannya bisa apa saja ya, termasuk booking tiketnya. Sayapun pengguna traveloka juga, waktu itu mudik ke sekian, jd kalau bawa mobil sendiri, rasanya berat, saja pesen tiket kereta deh, di traveloka. Mudah, detail, dan cepat.

    ReplyDelete
  3. Waah, jadi lebih murah ya mbak kalau pake Traveloka. Jadi pingin mudik, nih. Tahun kemarin gak mudik soalnya...

    ReplyDelete
  4. yess... ini pilihan langganan aku kalau bepergian nih. praktis

    ReplyDelete
  5. ada juga fitur harga spesial jika menggunakan aplikasi di handphone, jadi jangan pesan pakai notebook tapi pakai handphone. aku sudah beberapa kali mencobanya soalnya pas liburan kemarin

    ReplyDelete
  6. Enaknya pakai Traveloka tuh biayanya udah jelas, Apa yang tertera ya udah segitu yang dibayar

    ReplyDelete
  7. Asyik, adeknya bisa ngasih slm tempel banyakan nih buat ponakan berkat pesan tiket di traveloka. Cihuy mmg

    ReplyDelete
  8. Aku juga lebih suka online booking gini ketimbang pesan langsung, banyak promo dan diskonnya :)

    ReplyDelete
  9. Bunda blm pernah beli tiket ti Traveloka krn yg beli anak2 sih.Bunda tinggal jalan.

    ReplyDelete
  10. Aku pernah beli tiket di Traveloka dapat potongan promo 100rb lumayan banget.

    ReplyDelete
  11. Memang, semenjak ada traveloka pegi kemana-mana jadi lebih mudah, ga cuma tiket tapi hotel juga.

    ReplyDelete
  12. Aku biasanya juga pake aplikasi ini kalo pesan kereta. Banyak diskon dan aplikasinya ga berat pengoperasiannya di hp. Ah jadi kangn piknik kan :D

    ReplyDelete
  13. Iya, kami juga pengguna aktif Traveloka.
    Merasa sangat terbantu sekali dengan layanan yang ditawarkan.

    Selamat menantikan hari berkumpul nasional.
    Hiihi~
    Jadi ikut senang.

    ReplyDelete
  14. Perjalanan mudiknya lumayan jauuuh ya mba, perlu persiapan yang baik dan matang. Enaknya traveloka semua ada pilihan yaaa

    ReplyDelete
  15. Ya Allah Mbak... nggak kebayang gimana perjuangannya dulu pas mudik zaman kuliah. Nggak kena tantangan cuaca aja udah wah banget ya mudik pakai kendaraaan umum.

    ReplyDelete
  16. Jadi pengen punya ancang-ancang beli awal nih ke traveloka buat mudik akhir tahun, heheheh biar nggak kehabisan ya. Apalagi traveloka lebih murah dibanding yang lain ya seneng banget pastinya.

    ReplyDelete
  17. Murahnya ya mba Ra pake traveloka ku biasanya diorderin sekretaris kalau kemana2 tapi pake traveloka juga jadi ga tau hematnya gimana :)

    ReplyDelete
  18. Ciye yang siap2 mau mudik lagi. Traveloka emang enak tuh karena bisa booking sekalian pesawat dan hotel. Jadi hemat deh

    ReplyDelete
  19. traveloka andalan aku juga nih
    bukan cuma buat mudik ya buat liburan lain juga bahkan staycation doang pakai traveloka teteup :)

    ReplyDelete
  20. Perjalanan antarpulau sekarang jadi lebih mudah ya, apalagi ada aplikasi kayak Traveloka mudah untuk pesan tiket, nggak perlu antre-anter lagi di pintu loket

    ReplyDelete
  21. Tiap kali mudik aku pun pakai Traveloka Mak. Secara mudiknya juga nyeberang pulau. Duh jadi kangen suasana mudik ya... Senang mudik bareng Traveloka

    ReplyDelete
  22. Pingin ke Bau-BBau juga, mbaaak. Hahaha. Traveloka mah aplikasi andalan banget, harga memang beda banyak kadang, apalagi kalau ada promo. Ugh, gregeet.

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah sekarang lebih mudah untuk pesan akomodasi ataupun transportasi ya..senaang...

    ReplyDelete
  24. Traveloka tuh andalan aku banget mba. Hampir setiap kali mau kemanapun di luar kota, milih Traveloka untuk memesan tiket. Murah pulaa :)

    ReplyDelete
  25. Traveloka masih jadi andalan aku juga kalua mau kemana-mana

    ReplyDelete
  26. Aku sering pake Traveloka Mba. Lebih mudah dan praktis aja, apalagi kalo mo pesen hotel :)

    ReplyDelete
  27. Traveloka memang membantu bangeet! Semua masalah bisa teratasi dan bisa langsung liburan :))

    ReplyDelete
  28. Aku juga pakai traveloka lebih praktis dan hemat. Jadi mudik bisa aman lancar jaya.

    ReplyDelete
  29. waaah gitu ya dalamnya kapal laut. Ini kelas apa, mbak? Ya kalau ada rezeki lebih cepat dan nyaman naik pesawat.

    ReplyDelete
  30. Traveloka mah juara yaaa. Saya jg pilihan pertamanya kl mau pesan tiket atau hotel ke traveloka.

    ReplyDelete
  31. Sejak ada traveloka.
    Aku gk butuh agen tiket.
    Semua bs dikerjakan sendiri.
    Plus dapat point pulak.
    Hehehehe

    ReplyDelete
  32. Sudah cita cita tahun depan bakalan mudik bareng Traveloka jiga

    ReplyDelete
  33. Saya udah lama ga mudik karena skrg lagi ga merantau. Tapi pas jalan2 mau booking hotel, ya pasti pertama via Traveloka dulu ^_^

    ReplyDelete
  34. paket hemat ya mbak mesen dr traveloka utk yg sekaligus gini, apalagi kl buat ke luar pulau. Insyaallah pengen coba tar kl pas ngetrip :)

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillah, makin lama makin dipermudah ya Mbak akses untuk kumpul keluarga. Semoga dengan adanya kemudahan ini tidak ada lagi alasan untuk tidak kumpul keluarga. Masalah uang pasti bisa dicari, kan?

    ReplyDelete
  36. uhuuuy, Wahyu mau khitan.
    pasti seru bisa kumpul lagi ya Kak
    apalagi nanti Wahyu nanti bakalan dapat banyak angpao *alerttoMama, bakalan simpankan lagi amplopnya, hihihih

    huaa saya kapan vacation ya ini? mau menikmati promo Traveloka juga lah ini, huhuhuh

    ReplyDelete
  37. Traveloka, masih aplikasi favoritku!
    Bahkan aku sudah pernah klaim point untuk booking hotel.
    Lumayan hemat Rp 200.000 laaa ^^
    Aku suka banget paket pembayaran yang bisa menyicil tapi tanpa bunga itu.
    Really helpful ^^

    ReplyDelete
  38. andalan banget traveloka buat perjalann sekarang ini ya mba. btw salfok dengan tujuanya buton. aku ada sahabat dan tetangga dari buton tapi dah terpisah lama

    ReplyDelete
  39. Traveloka memang pilihan termudah untuk membantu liburan ya mba :)

    ReplyDelete