Namanya, Wenny!


 
Kali ini saya mau cerita tentang Wenny nih, kucing kesayangan anak saya. Sebenarnya tulisan ini harusnya sudah terpublish sejak bulan Maret tahun 2019 lalu, tapi karena rasa malas yang melanda, jadilah sampai hari ini tulisan ini masih duduk manis di draft. Eh salah ding, hari ini akhirnya tulisan ini bisa terpublish juga. Yeay! 🎉

Kalo tidak salah ingat, pada bulan September tahun 2018, saat suami datang ke Baubau, ia bercerita bahwa ada kucing liar yang tiba-tiba datang ke teras rumah mertua. Saat suami sedang asyik bermain game di teras rumah, kucing tersebut menggosok-gosokkan badannya di kaki suami. Melihat tingkahnya yang sok akrab, suami jatuh cinta pada kucing tersebut.
 
Tapi walau jatuh cinta pada pandangan pertama, suami tidak membiarkannya masuk ke dalam rumah karena alasan kesehatan. Bulu kucing ini sangat kotor, berdebu dan berkutu. Suami masuk ke dalam rumah dan membiarkan kucing tersebut di luar. Harapan suami, dengan ditinggal seperti itu kucingnya akan pergi. Ternyata dugaan suami salah. Kucing itu tak mau pergi dan malah menetap di teras.
 
Tak hanya papanya, Wahyu pun suka pada kucing tersebut. Jadilah ia diberi makan dan semakin dibiarkan tinggal di teras. Maka ketika saya pulang ke Lakudo, saya berinisiatif memandikan kucing itu. Dibantu Wahyu, dengan penuh perjuangan (karena kucingnya meronta dan teriak-teriak), akhirnya kucing tersebut berhasil kami mandikan.
 
Setelah dimandikan, Wahyu semakin sayang pada kucingnya. Oleh mertua, ia diberi nama Wenny. Karena sudah jadi kucing kesayangan Wahyu, Wenny akhirnya dibiarkan masuk dan tinggal di dalam rumah. Ia leluasa masuk ke seluruh ruangan dalam rumah, termasuk kamar kami.
 


 
Wenny berjenis kelamin betina. Perkiraan saya, saat pertama kali tiba di rumah kami, usianya baru lima bulanan karena saat itu tubuhnya masih kecil. Berdasar pengalaman saya saat memelihara kucing di rumah mama, dugaan saya, Wenny baru akan hamil dan melahirkan enam atau tujuh bulan kemudian (karena kucing di rumah mama biasanya hamil di usia 1 tahun). Namun perkiraan saya salah, baru tiga bulan tinggal di rumah, Wenny sudah hamil 🤦‍♀️. Ckckck, pejantan manakah yang telah menghamili Wenny, si gadis belia kesayangan Wahyu? 🙀🤣

Semakin hari perut Wenny semakin besar. Tubuhnya yang kecil dengan perut membesar membuatnya terlihat lucu. Saya selalu bercanda dan berkata pada suami, sebentar lagi anak kucing anak melahirkan anak kucing baru, hehehe. Bila diibaratkan dalam dunia manusia, Wenny bisa dikatakan melakukan pernikahan dini.

Dan tibalah saat yang ditunggu-tunggu yakni persalinan Wenny. Saat itu hari minggu. Sejak subuh Wenny gelisah. Melihat gelagatnya, saya menebak, sebentar lagi Wenny pasti akan melahirkan. Pagi itu ia selalu mengikuti kemana pun saya pergi sembari mengeong. Saya menyiapkan kardus (yang sudah dilapisi kain) sebagai tempatnya melahirkan. Pukul 9 pagi, ia berhasil melahirkan anaknya yang pertama. 10 jam kemudian disusul anaknya yang kedua.
 
Kelahiran 2 dua ekor kitten yang lucu-lucu menambah semarak di rumah kami. Wahyu sangat excited dengan kehadiran 2 bayi kucing yang terlihat menggemaskan itu. Namun kegembiraan kami tidak berlangsung lama karena dua hari setelah kelahirannya, bayi-bayi malang tersebut mulai ditinggalkan dan tak lagi disusui induknya. Wenny lebih suka tidur di sofa dibanding tidur bersama bayi-bayinya. Ia ogah menyusui bayinya hingga salah satu bayinya ditemukan Wahyu dalam keadaan meninggal yang kemudian disusul bayi lainnya beberapa jam kemudian.
 

Dalam hati saya bertanya, mungkinkah Wenny mengalami baby blues? Mungkinkah usianya yang masih sangat belia menjadi alasan ia tak bisa mengurusi bayinya? Entahlah. Yang jelas, kepergian dua bayi kucing yang sangat menggemaskan itu menorehkan luka di hati kami, terutama Wahyu 😢



 

Lakudo, 31 Mei 2021

10 Comentarios

  1. Kucing betina itu emang cepet banget hamil, Mbak. Di rumah saya ada juga pernah ada kucing betina sering banget hamil. Tapi dia kayak baby blues gitu gak mau nyusuin anaknya. 🤣🤣

    Jadi anaknya ada yang dibawa ke mana terus ditinggal pergi huhuhu sedih.

    BalasHapus
  2. Sabar ya Wahyu.. bagaimana weni sekarang? Sudah punya berapa anak dia? Hehehe

    Kami di rumah juga ada banyak kucing yang selalu stay di teras. Kami nggak biarkan mereka masuk ke rumah. Cukup di teras saja. Meski kadang geram sama tingkah mereka, tapi kucing2 itu tetap nggak mau pergi. Samalah kayak si wenni...

    BalasHapus
  3. Kok kebalikannya aku nih mba ira. Aku yg takut sama kucing tapi suami dan anakku pada suka. Jadinya tetep sih nggak ds yg melihara kucing di rumah. Wkwk


    Weny gmna skrg kabarnya? Masih baby blues ga skrg? Kukira ibunya kucing tuh ga bisa lepas dr anaknya.. Ternyata ada yg kayak weny jg ya hihi

    BalasHapus
  4. Gemoy ya kucingnya hihi. Namanya Wenny ternyata singkatan. Kalau kucingnya gak mau menyusui anaknya harus di deketin terus mbak mungkin agak syok. Saya juga ada kucing betina udah ke 3 kali hamil ya emang gitu kadang gak mau nyusuin.

    BalasHapus
  5. Baru tau mba kalo kucing juga bisa baby blues, hehehe.
    Aku sampai sekarang masih takut sama kucing. Tp istriku maksa-maksa terus pengen miara kucing :(

    -fajarwalker.com

    BalasHapus
  6. Aku takut sama kucing, trauma masa kecil jadi terbawa sampai sekarang. Anak-anak minta pelihara kucing aja aku keukeuh nggak mau. Geli aja sama bulunya dan mata kucing itu kayak aneh gitu. Aku kalo bertatapan gak sengaja dengan kucing auto merinding

    BalasHapus
  7. Wenny kayak kucing saya Mbak, namanya Caramel panggilannya Amel. Amel sekitar 2 bulan yang lalu lahiran 5 ekor anak kucing, kami menaruhnya di kardus tapi dia bolak-balik bawa anak-anaknya ke kolong tempat tidur. Karena nggak mau kamar jadi kotor, akhirnya mereka kami taruh kandang.
    Ternyata hal itu bikin Amel stress apalagi anak-anaknya kemudian sakit mata belekan membuatnya kena semacam baby blues. Dia nggak mau menyusui hingga mereka mati satu per satu.

    BalasHapus
  8. Cakep yaaa warnanya mba..bersih banget putihnya. Aku tipe orang yg takut sama kucing, jadi walo suami suka kucing, urung dipelihara di rumah

    BalasHapus
  9. Wenny....
    Namanya sungguh cantik nian seperti rupanya yang putih.
    Jeda melahirkan antara anak pertama dan kedua ini jauh juga yaa... 10 jam. Apakah sekarang anak-anak Wenny juga dirawat kak Ira?

    BalasHapus
  10. Wenny, cantik sekali, putih & bersih. Pasti makin disayang deh, pantes aja ya baru 3 bulan sudah hamil, mungkin karena Wenny cantik, jadi pejantan suka. 😃

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca tulisan saya, jangan lupa tinggalin komennya yaa ;)

Member Of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan