10 July 2019

Akhirnya Gramedia Hadir di Baubau

pic source: pixabay.com

Persoalan klasik bagi penyuka buku yang tinggal di kota kecil nun jauh di Sulawesi seperti saya adalah pengen beli buku yang disukai namun di sini tidak ada toko buku yang menjual buku tersebut.

Di kota tempat tinggal saya, sebenarnya ada beberapa toko buku tapi toko buku tersebut adalah toko kecil yang mana koleksi buku yang dijual tidaklah lengkap. Toko buku yang ada di sini kebanyakan menjual buku-buku untuk anak sekolah, sedangkan untuk novel atau majalah terbaru biasanya tidak tersedia. Mungkin selama ini pembeli yang sering belanja kebanyakan anak sekolah atau guru, jadi kebutuhan merekalah yang disediakan.

Akibatnya, setiap kali beli buku seringnya saya lakukan via online atau titip sama adik yang kuliah di Kendari untuk dibelikan di Gramedia. Kalau beli online, saya belinya di gramedia online, teman blogger yang jual buku atau bila ingin mendapatkan harga murah saya beli buku di toko buku bekas seperti Kinanti Komik. Bagi saya, tak penting buku baru atau bekas yang penting saya suka, akan saya beli. Namun mengingat ongkos kirim ke sini mahal banget (hampir 100rb/kg), maka saya tetap harus berpikir realistis jadi sesuka apapun saya pada buku, tidak bisa sering-sering beli buku secara online.

Makanya ketika 2 tahun lalu (saat harbolnas) Gramedia menggelar diskon 50% untuk semua buku + gratis ongkir ke seluruh Indonesia, saya tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. Segera saya pilih beberapa buku yang saya sukai, walau pada akhirnya tidak semua buku yang saya pilih dikirim oleh pihak Gramedia karena keterbatasan stok.

Sering saya menghayal, suatu saat di Baubau akan dibuka toko buku sekelas Gramedia yang koleksinya lengkap, dan saya bisa datang berkunjung sebulan sekali untuk membeli buku yang saya suka. Rasanya pasti bahagia banget.
Ingatan saya kembali pada masa-masa kuliah dulu, saat hampir setiap hari (saat pulang kampus) saya selalu datang ke Gramedia untuk membaca buku (jarak kampus saya dekat banget dengan mall Panakukkang tempat Gramedia berada). Saat itu pihak Gramedia menyediakan bangku panjang yang bisa dipakai duduk sambil membaca buku oleh para pengunjung. Saking betahnya duduk membaca, saya kadang tidak sadar hari sudah malam. Saya sering telat pulang ke kos-an karena kelamaan "nongkrong" di toko buku itu.

Setelah lulus kuliah, saya diajak adik ke Kendari. Saat suntuk dan bosan karena tak ada kerjaan, saya minta diantar ke Gramedia. Niat saya ke Gramedia adalah untuk membaca buku. Dalam benak saya, Gramedia yang ada di Kendari pasti sama dengan Gramedia yang sering saya kunjungi di Makassar yang menyediakan bangku untuk pengunjungnya yang datang, ternyata saya salah, tak ada bangku di Gramedia yang kami kunjungi itu. Pada kunjungan itu, 1 buku berhasil saya bawa pulang tapi kini entah dimana buku itu.
pose dengan buku karangan teman blogger, Mba Ernawaty Lilis di Gramedia Lippo Plaza Buton
Bertahun-tahun sudah saya tinggal dan menetap di Baubau. Harapan akan hadirnya Gramedia di kota ini pupus sudah, apalagi saat membaca berita banyak toko buku tutup karena rendahnya daya beli masyarakat dan banyaknya buku digital yang bisa dibeli via smartphone. Sedih banget deh rasanya, hiks :(
Namun rasa sedih itu akhirnya berganti dengan rasa bahagia saat bulan Januari lalu Gramedia hadir di Lippo Plaza Buton. Akhirnya setelah sekian lama ditunggu, toko buku itu hadir juga di Baubau. Saya jadi tidak perlu beli buku secara online dengan ongkos kirim yang mahal lagi deh :) 



Lombe, 10 Juli 2019

23 comments:

  1. Terimakasih infonya, semoga sukses terus..

    ReplyDelete
  2. Asik asiikkk bisa ngeborong buku dehhh.
    Moga2 abis gini ada pameran buku kayak Big bad Wolf juga yak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. duh kebayang senangnya ada toko buku macam gramedia ini buka di Baubau. bisa nongkrong2 baca buku dong yaa di sana dan gak repot titip2 lagi ya mbak

    ReplyDelete
  4. Aku penggemar buku cetak, bahkan sekarang juga mash belum terlalu suka sama E book. Memang rasanya seneng ya kalau di dekat kita ada toko buku, apalagi sekelas Gramed

    ReplyDelete
  5. Pasti senang ya mbak ada Gramedia di BauBau, toko buku dan perlengkapan kantor terlengkap. Saya sering ke Gramedia buat nyari buku bacaan dan alat tulis....kalau nyari kertas pasti nemunya juga di Gramedia....semoga Gramedia tetap jaya ...

    ReplyDelete
  6. Temenku ada nih yang tinggal di Baubau, boleh nih nanti aku kabarin dia. Semoga Gramedia semakin memperluas jaringan ke seluruh pelosok Indonesia

    ReplyDelete
  7. Selamat hunting buku dan mengobati kerinduan bisa mendapatkan buku-buku bagus di Baubau ya mba. Semoga cabang lain jg segera dibuka. aamiin.

    ReplyDelete
  8. Asyik...makin dekat ya kalau mau belanja buku.. Ditunggu cerita saat kunjungan ke sana y mba..

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah, akhirnya Gramedia bisa hadir di Baubau ya, Mbak. Bisa lebih mudah untuk baca buku sekaligus borong buku untuk dibawa pulang :D

    ReplyDelete
  10. Asik Gramedia hadir di BauBau, langsung ambil buku Kalo Cinta Bilang Aja haha, mantap mbak Ira. Semakin suka baca dan borong buku ini pasti.

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah ya. Sudah merambah ke berbagai daerah. Saya mengharapkan Gramedia juga hadir nih di Cianjur. Jadi ga usah ke luar kota Bogor atau Bandung hehehe

    ReplyDelete
  12. Wah, keren nih. Jadi bisa sering-sering main dan baca-baca buku di sana ya. Masuk ke Gramedia itu nyenengin banget. Walopun gak beli bukunya, bisa lihat2 sekilas, nyium aroma buku baru, dan dengerin musik lembutnya bikin refresh dan ngangenin. :D

    ReplyDelete
  13. Yeay alhamdulillah senang banget mba Gramedia hadir. Dan moga makin menambah semangat membaca warga Bau bau :)

    ReplyDelete
  14. I feel youuu, Mba. Pas masih di Sulawesi ngenes banget kalau mau beli buku online dan ongkirnya jauh leih mahal dari bukunya, wkwkwk.
    Di sana cuma ada Kharisma, itupun kebanyakan menjual atationery, buku bacaannya dikit banget!
    Semoga Gramedia membaca ini dan buka di Palopo biar teman2 di sana lebih mudah membeli buku :D.

    ReplyDelete
  15. aku sama suami suka becanda kalo liburan pengen ke bau bau karena jauh banget. Ternyata bahkan toko buku juga susah ya mba. Tapi perjuangan itu akhirnya berbuah manis ya mba

    ReplyDelete
  16. Allhamdulillah senang bange ya mbak Pastinya. Di Bekasi ada 2 nih Gramedianya, padahal aku maunya di mall yang satunya hihihi nawar. Kapan ya aku hadir di Bau-bau kaya Gramedia :)

    ReplyDelete
  17. hihi, jadi inget waktu tinggal di Palu adanya Ramedia bukan Gramedia. Sampai sekarang ga tau deh udah masuk apa belum Gramedia di Palu.

    ReplyDelete
  18. Mba Ira langsung borong buku yaaa, senang ya bisa belanja langsung ke toko offline Gramedia. Toko buku Gramedia emang favorit sih. Dan aku nggak bisa membayangkan gimana galaunya hati mba Ira selama ini karena nggak bisa belanja di toko Gramed.

    ReplyDelete
  19. Iya ya mbak walau bisa beli onlen tetep aja mihil di ongkir ya.
    Alhamdulillah udah ada Gramedia di sana ya, jd bisa jd tempat hiburan tersendiri jg buat keluarga, ajak anak, beli buku dll

    ReplyDelete
  20. Di Bandung ada beberapa toko buku.
    Tapi tetap, mencari refrensi buku best-seller, Gramedia tempatnya.

    ReplyDelete
  21. Seneng ya Mbak. Bisa ke sana minimal seminggu sekali yak buat lihat buku buku baru

    ReplyDelete
  22. wahh makin semangat nih ya mba belanja bukunya... BauBau salamin dong mbak buat Fildan.. belanja buku juga gak dia?

    ReplyDelete
  23. Di Cimahi juga ga ada dong tokbuk harus ke Bandung aku kalau beli buku mba sedih yah :(

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca tulisan saya, jangan lupa tinggalin komennya yaa ;)