Tentang Adik Bungsu & Strateginya Lolos CPNS

by - Monday, July 15, 2019

pic source: pixabay.com

Kali ini saya ingin berbagi cerita tentang adik bungsu saya dan keinginannya menjadi PNS. Ya, sebelum ada pertanyaan mengapa adik bungsu termasuk saya (dan banyak anak lain juga para orang tuanya) ingin menjadi PNS, jawabannya adalah karena di daerah kami profesi PNS masih menjadi profesi favorit dan impian banyak orang mulai dari kaum muda hingga para orang tua. Alasannya beragam, mulai dari alasan filosofis seperti ingin mengabdi dan memajukan daerah tercinta sampai alasan ekonomi dan kenyamanan masa tua yaitu masih digaji negara walau sudah pensiun.

Fyi, saat tes CPNS tahun lalu, suami dan adik bungsu saya lolos CPNS dan alhamdulillah dua bulan terakhir mereka sudah mulai bekerja.

nama suami & adik bungsu saya di deretan nama-nama peserta yang lolos di CPNS Buteng

Saat memantapkan cita-citanya ingin menjadi PNS, adik saya memang tak pernah letih belajar dan mengembangkan kemampuannya, tak seperti saya yang punya banyak alasan agar tidak belajar. Adik saya memang memasang target "harus lulus" pada tes tahun lalu, dan Alhamdulillah memang lulus. Hasil memang tak pernah mengkhianati usaha yaa, hasil kerja keras adik saya berbuah manis berbanding terbalik dengan hasil ujian saya.

Sebenarnya, tahun lalu bukanlah kali pertama ia ikut tes CPNS, pada tahun 2017 sesaat sebelum meraih gelar sarjana-nya, adik saya sudah ikut tes CPNS di salah satu kementerian yang membuka penerimaan CPNS untuk lulusan SMA. Hasilnya tidak buruk karena ia lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD) tapi jatuh pada tes fisik. Sebagai kakak saya memaklumi mengapa ia gagal di tes fisik, selain karena memang ia tidak kuat karena jarang berolahraga (tes fisiknya berupa lari, push up, sit up dan beberapa gerakan lain) juga karena di saat yang hampir bersamaan ia harus mempersiapkan diri mengikuti ujian skripsi. Jadi rasanya wajar bila konsentrasinya terganggu dan tidak maksimal mempersiapkan diri untuk latihan fisik.

Maka untuk menebus kegagalan di tahun sebelumnya, pada tes CPNS tahun lalu ia memasang target tinggi yaitu LULUS CPNS. Dan demi memenuhi target tersebut, ia mulai mempersiapkan diri sejak dini, lalu apa saja persiapan yang dilakukannya agar lolos CPNS? Berikut beberapa tips dari adik bungsu yang bisa saya bagikan (yang insyaallah akan saya praktekkan juga saat tes CPNS nanti):
  • Gabung di grup-grup pejuang calon CPNS yang banyak tersebar di medos. Bergabung di grup seperti ini akan menambah pengetahuan kita tentang soal-soal yang muncul. Selain itu kita juga akan merasa lebih semangat berjuang karena merasa banyak yang senasib dengan kita. Plus banyak info tentang penerimaan CPNS beredar di grup-grup seperti ini
  • Beli buku (baik fisik maupun online) yang berisi tentang soal-soal CPNS. Soal-soal yang ada di buku ini tidak akan sama persis dengan soal yang muncul saat ujian, tapi biasanya jenis soalnya mirip, jadi ketika ujian kita sudah familiar dengan jenis soal-soal yang muncul dan lebih mudah mengerjakannya.
  • Rajin bertanya pada teman-teman yang sudah lulus ujian sebelumnya. Dalam hal ini adik bungsu bertanya pada 3 kakaknya yang lain (selain saya tentunya) yang sudah lebih dulu lolos CPNS. Yang ditanyakan adalah karakteristik soal juga cara mengatur strategi agar tidak kehabisan waktu saat ujian.
  • Setelah mengetahui jenis-jenis soal yang sekiranya muncul, rajinlah berlatih menyelesaikan soal-soal tersebut. Jangan lupa catat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Asah terus kemampuan kita menyelesaikan soal tersebut (biasanya  soal hitungan) sampai mendapatkan waktu tersingkat karena waktu adalah hal terpenting saat mengikuti ujian CPNS dengan sistim CAT.
  • Saat mengikuti ujian, atur strategi waktu dalam menyelesaikan soal. Ada 3 bagian soal yang harus diselesaikan yaitu TIU (Tes Intelegensia Umum), TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) & TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Bagian soal termudah (menurut kita) yang harus dikerjakan diawal. Strategi ini membantu kita menghemat waktu.
  • Berdoa. Jangan lupa berdoa meminta diberikan kemudahan saat mengikuti ujian. Jangan lupa, minta orang tua (terutama ibu) untuk mendoakan kita karena doa ibu biasanya makbul
  • Pasrah. Bila sudah menerapkan semuanya, saatnya memasrahkan hasilnya pada yang kuasa. Insyaallah semua yang sudah kita kerjakan akan mendapatkan hasil yang setimpal. Sekali lagi, hasil tak akan mengkhianati usaha

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan agar lulus saat ikut tes CPNS. Adakah di antara kamu yang ikutan CPNS tahun kemarin? Bagaimana hasilnya? Lolos kah?


Lakudo, 15 Juli 2017

You May Also Like

18 komentar

Labels

Blog Archive

Pengikut