Prospek Pekerjaan Jurusan Komunikasi Paling Menjanjikan

by - Thursday, September 19, 2019

pic source: pixabay.com

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa ilmu komunikasi merupakan salah satu jurusan perkuliahan dengan subjek pembelajaran paling luas dan prospek pekerjaan yang dibutuhkan oleh hampir seluruh perusahaan di berbagai bidang. Dikarenakan pandangan inilah, tak jarang banyak anak-anak lulusan SMA yang memilih jurusan komunikasi sebagai jalur yang mereka ambil di bangku perkuliahan dengan harapan mudah dalam mendapatkan pekerjaan di kemudian hari.

Namun hanya saja, luasnya prospek pekerjaan jurusan komunikasi yang tersedia sering kali membuat banyak lulusan baru kebingungan dan hilang arah mengenai bidang apa yang ingin mereka ambil ketika lulus nanti. Padahal, sebagai lulusan jurusan komunikasi, dapat dikatakan bahwa kamu memiliki begitu banyak peluang yang bisa diambil lho. Ibaratnya seperti ‘hilang satu tumbuh seribu’.

Tidak hanya prospek pekerjaan yang luas, pekerjaan-pekerjaan jurusan komunikasi inipun tergolong cukup menjanjikan untuk dijadikan sebagai langkah awal dalam menitis karir. Nah, bagi kamu yang tengah mengenyam pendidikan di jurusan ilmu komunikasi dan masih kebingungan dalam menentukan bidang yang ingin kamu geluti setelah lulus nanti, yuk kita simak beberapa pilihan pekerjaan jurusan komunikasi paling menjanjikan berikut ini. Siapa tahu bisa memberikanmu inspirasi.

Pekerjaan Jurusan Komunikasi Paling Menjanjikan 

1. Media
Tidak dapat terelakan lagi bahwa bidang media hampir seluruhnya dipenuhi oleh anak-anak dari jurusan ilmu komunikasi. Dengan bermodalkan latar belakang komunikasi yang kamu miliki, kamu bisa masuk ke dalam berbagai bidang pekerjaan yang ada di industri ini, baik itu untuk segi penyiaran, percetakan, dan masih banyak lagi, yang dapat disesuaikan dengan apa yang kamu inginkan dan impikan.

Jika kamu ingin fokus untuk masuk ke dalam industri ini, kamu bisa memulainya dari mengambil program magang dan membangun portfolio, sehingga ketika lulus nanti akan mempermudahmu untuk cepat mendapatkan pekerjaan di bidang media yang kamu inginkan.

2. Periklanan, Marketing, dan Public Relation
Selanjutnya adalah bidang periklanan, Marketing dan Public Relations. Ketika masuk ke dalam jurusan ilmu komunikasi, biasanya kamu akan diberikan pilihan mengenai peminatan apa yang ingin kamu ambil. Ketika memilih peminatan ini, kamu akan mempelajari ilmu-ilmu yang jauh lebih fokus dan mendalam lagi mengenai peminatan yang kamu pilih.

Meskipun ada beberapa universitas yang memiliki peminatan yang berbeda-beda, namun sebagian besar peminatan yang tersedia yaitu periklanan, marketing dan public relation. Ketika kamu memilih peminatan tersebut, maka peluangmu untuk masuk ke dalam bidang tersebut terbuka lebih besar.

Ketiga peminatan yang telah disebutkan diatas akan membawamu kepada jenjang karir yang menjanjikan serta membawamu untuk menjalin relasi dengan orang-orang menarik dengan wawasan yang luas.

3. Event Organizer
Yang senang bekerja lapangan dengan sistem fast pace, maka menjadi EO bisa dijadikan sebagai pilihan. Kemampuan anak-anak jurusan komunikasi yang pandai menjalin relasi, public speaking, serta mempersuasi akan sangat dibutuhkan di bidang ini. Seorang EO harus dapat melakukan berbagai hal secara gesit, mulai dari mencari sponsor, mencari vendor, klien, hingga para tamu yang hadir.

pic source: pixabay.com


Jika bidang ini yang ingin kamu geluti, kamu bisa memulainya dari aktif di organisasi kampus ataupun kepengurusan event di kampus dan membangun portfolio dari aktivitas dan pengalaman yang telah kamu miliki.

Di era digitalisasi seperti saat ini, prospek pekerjaan jurusan komunikasi semakin berkembang menjadi luas. Tidak hanya dalam bentuk konvensional, melainkan juga dalam bentuk digital. Anak-anak jurusan ilmu komunikasi tidak hanya dapat terjun ke media, periklanan ataupun EO saja, melainkan juga di bidang e-commerce hingga pariwisata lho.

Bagi kamu yang sebentar lagi lulus sebagai sarjana komunikasi, beruntunglah dirimu. Karena banyak sekali bidang-bidang yang bisa kamu pilih dengan prospek pekerjaan yang menjanjikan. Tidak hanya untuk saat ini, melainkan juga untuk masa yang akan datang.

Ingin tahu prospek pekerjaan jurusan ilmu komunikasi lainnya? Baca saja di https://www.cekaja.com/info/5-pekerjaan-paling-menjanjikan-bagi-sarjana-ilmu-komunikasi/ dan temukan impianmu sebenarnya.

You May Also Like

25 komentar

Labels

Blog Archive

Pengikut