19 September 2019

Prospek Pekerjaan Jurusan Komunikasi Paling Menjanjikan

pic source: pixabay.com

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa ilmu komunikasi merupakan salah satu jurusan perkuliahan dengan subjek pembelajaran paling luas dan prospek pekerjaan yang dibutuhkan oleh hampir seluruh perusahaan di berbagai bidang. Dikarenakan pandangan inilah, tak jarang banyak anak-anak lulusan SMA yang memilih jurusan komunikasi sebagai jalur yang mereka ambil di bangku perkuliahan dengan harapan mudah dalam mendapatkan pekerjaan di kemudian hari.

Namun hanya saja, luasnya prospek pekerjaan jurusan komunikasi yang tersedia sering kali membuat banyak lulusan baru kebingungan dan hilang arah mengenai bidang apa yang ingin mereka ambil ketika lulus nanti. Padahal, sebagai lulusan jurusan komunikasi, dapat dikatakan bahwa kamu memiliki begitu banyak peluang yang bisa diambil lho. Ibaratnya seperti ‘hilang satu tumbuh seribu’.

Tidak hanya prospek pekerjaan yang luas, pekerjaan-pekerjaan jurusan komunikasi inipun tergolong cukup menjanjikan untuk dijadikan sebagai langkah awal dalam menitis karir. Nah, bagi kamu yang tengah mengenyam pendidikan di jurusan ilmu komunikasi dan masih kebingungan dalam menentukan bidang yang ingin kamu geluti setelah lulus nanti, yuk kita simak beberapa pilihan pekerjaan jurusan komunikasi paling menjanjikan berikut ini. Siapa tahu bisa memberikanmu inspirasi.

Pekerjaan Jurusan Komunikasi Paling Menjanjikan 

1. Media
Tidak dapat terelakan lagi bahwa bidang media hampir seluruhnya dipenuhi oleh anak-anak dari jurusan ilmu komunikasi. Dengan bermodalkan latar belakang komunikasi yang kamu miliki, kamu bisa masuk ke dalam berbagai bidang pekerjaan yang ada di industri ini, baik itu untuk segi penyiaran, percetakan, dan masih banyak lagi, yang dapat disesuaikan dengan apa yang kamu inginkan dan impikan.

Jika kamu ingin fokus untuk masuk ke dalam industri ini, kamu bisa memulainya dari mengambil program magang dan membangun portfolio, sehingga ketika lulus nanti akan mempermudahmu untuk cepat mendapatkan pekerjaan di bidang media yang kamu inginkan.

2. Periklanan, Marketing, dan Public Relation
Selanjutnya adalah bidang periklanan, Marketing dan Public Relations. Ketika masuk ke dalam jurusan ilmu komunikasi, biasanya kamu akan diberikan pilihan mengenai peminatan apa yang ingin kamu ambil. Ketika memilih peminatan ini, kamu akan mempelajari ilmu-ilmu yang jauh lebih fokus dan mendalam lagi mengenai peminatan yang kamu pilih.

Meskipun ada beberapa universitas yang memiliki peminatan yang berbeda-beda, namun sebagian besar peminatan yang tersedia yaitu periklanan, marketing dan public relation. Ketika kamu memilih peminatan tersebut, maka peluangmu untuk masuk ke dalam bidang tersebut terbuka lebih besar.

Ketiga peminatan yang telah disebutkan diatas akan membawamu kepada jenjang karir yang menjanjikan serta membawamu untuk menjalin relasi dengan orang-orang menarik dengan wawasan yang luas.

3. Event Organizer
Yang senang bekerja lapangan dengan sistem fast pace, maka menjadi EO bisa dijadikan sebagai pilihan. Kemampuan anak-anak jurusan komunikasi yang pandai menjalin relasi, public speaking, serta mempersuasi akan sangat dibutuhkan di bidang ini. Seorang EO harus dapat melakukan berbagai hal secara gesit, mulai dari mencari sponsor, mencari vendor, klien, hingga para tamu yang hadir.

pic source: pixabay.com


Jika bidang ini yang ingin kamu geluti, kamu bisa memulainya dari aktif di organisasi kampus ataupun kepengurusan event di kampus dan membangun portfolio dari aktivitas dan pengalaman yang telah kamu miliki.

Di era digitalisasi seperti saat ini, prospek pekerjaan jurusan komunikasi semakin berkembang menjadi luas. Tidak hanya dalam bentuk konvensional, melainkan juga dalam bentuk digital. Anak-anak jurusan ilmu komunikasi tidak hanya dapat terjun ke media, periklanan ataupun EO saja, melainkan juga di bidang e-commerce hingga pariwisata lho.

Bagi kamu yang sebentar lagi lulus sebagai sarjana komunikasi, beruntunglah dirimu. Karena banyak sekali bidang-bidang yang bisa kamu pilih dengan prospek pekerjaan yang menjanjikan. Tidak hanya untuk saat ini, melainkan juga untuk masa yang akan datang.

Ingin tahu prospek pekerjaan jurusan ilmu komunikasi lainnya? Baca saja di https://www.cekaja.com/info/5-pekerjaan-paling-menjanjikan-bagi-sarjana-ilmu-komunikasi/ dan temukan impianmu sebenarnya.

25 comments:

  1. Nah..penting dibaca juga nih utk lulusan SMA yg galau menentukan jurusan kuliah..

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya, apapun pekerjaannya, kalau dicintai sepenuh hati, itu lebih menjanjikan deh.
    Tapi bukan rahasia lagi, jurusan komunikasi itu penting banget.
    Bukan cuman di dunia kerja, di dunia manapun komunikasi itu kuncinya banget.

    Noted banget nih buat anak-anak yang bakal melanjutkan kuliahnya :)

    ReplyDelete
  3. Ah iya, sepertinya jurusan komunikasi makin prospek deh kedepannya, cakupannya makin luas. Peminatnya juga makin banyak. Sepertinya begitu

    ReplyDelete
  4. Ahli komunikasi memang dibutuhkan ya mba.. yang pasti apapun pekerjaannya communication skills sangat dibutuhkan

    ReplyDelete
  5. Aku jadi ingin kuliah ngambil jurusan komunikasi lagi, hihihi. Karena banyak sekali digunakan pada zaman sekarang :)

    ReplyDelete
  6. Mau era apapun, orang komunikasi memang akan tetap diperlukan. Termasuk di era digital saat ini. Komunikasi memang salah satu kebutuhan manusia

    ReplyDelete
  7. Melihat fenomena jaman now, masih aja ada yang kerja nggak sesuai jurusan yah

    Etp andai wkt bisa diputar kembali aku tertarik banget kuliah di jurusan komunikasi

    ReplyDelete
  8. Komunikasi kunci dalam berinteraksi, apalagi di dunia kerja ya, mba.
    Apa yang menjadi target perusahaan bisa terealisasikan melalui ilmu komunikasi yg baik pada target pasar.

    ReplyDelete
  9. Ntar aku coba ceksaja ah, menarik sekali! Setuju, komunikasi itu sangat penting apalagi di dunia digital seperti sekarang.. Dulu pengen kuliah di jurusan komunikasi, tapi belum rejeki ngambil jurusan itu

    ReplyDelete
  10. Apalagi di zaman serba online gini ya mbak. Lulusan komunikasi menurutku jadi inceran perusahaan2 yg mau ngebagusin public relationnya.

    ReplyDelete
  11. jurusn komunikasi emang bisa kerja di banyak cabang ya kak, terlebih sekarang-sekarang ini nih

    ReplyDelete
  12. Bener banget,,, jurusan komunikasi itu bisa masuk ke perusahaan manapun. Yg penting manusianya bisa beradaptasi dg baik dan cepat.

    ReplyDelete
  13. Kebanyakan yang lulusan jurusan komunikasi telah dibekali teori dasar berikut praktiknya kala kuliah maka itu akan memudahkan kalau terjun langsung ke dunia kerja mana pun. Pembekalan semacam itu berkaitan dengan hubungan dan cara menjalinnya, banyak pekerjaan yang membutuhkan kerja tim dan dalam tim butuh orang yang mahir berkomunikasi.

    ReplyDelete
  14. Bener banget mbak saat ini kuliah di jurusan komunikasi prospeknya bagus. Banyak pekerjaan menjanjikan yang bisa dijalani. Yang penting kuliah dulu yang bener, dapat IPK bagus, pasti banyak lapangan pekerjaan menunggu.

    ReplyDelete
  15. Jaman serba digital lulusan sarjana komunikasi sangat banyak lahan pekerjaannya ya. Ini prospek bagus untuk anak muda dan tips jitu dalam mengambil jurusan saat kuliah

    ReplyDelete
  16. Wah di zaman now jurusan ini memang favorit ya krn sesuai dgn kebutuhan zaman.

    ReplyDelete
  17. Di zaman kayak sekarang mah, jurusan komunikasi pasti sangat menjanjikan ya. Tiap bidang usaha pasti butuh deh orang yang mahir dan handal dalam berkomunikasi

    ReplyDelete
  18. Yups sekarang komunikasi sama ITU itu menjanjikan banget sih di dunia kerja karena jaman sekarang udah masuk era industri 4.0

    ReplyDelete
  19. Saya senang banget dengan ilmu komunikasi mbak, dulu pengen banget jurusan ini biar bisa jadi EO eh ternyata larinya ke keuangan hehe.

    ReplyDelete
  20. Jurusan Komunikasi tuh banyak kesempatan kerjanya, makanya aku dulu pengen kuliah di jurusan ini. Sayang gak keterima di PTN, jadinya daftar jurusan lain yang penting PTN, hihii

    ReplyDelete
  21. Komunikasi bisa masuk diapa aja ya mba.
    Keren jurusan ini, dulu aku nggak ngambil ini karena ga ada di kampusku

    ReplyDelete
  22. Jurusan komunikasi ini cakupannya cukup luas yaa...
    Banyak lapangan pekerjaan yang menjanjikan untuk masa depan.

    ReplyDelete
  23. Setuju. Jurusan komunikasi ini prospeknya menjanjikan banget, apalagi kalau udah dikaitkan dengan dunia digital dan entrepreneurship. Ada banyak lapangan kerja yang masih terbuka lebar.

    ReplyDelete
  24. kayanya jaman sekarang makin terbuka lebar ya mba peluangnya, cabangnya profesinya makin banyak dan berkembang jadi satu orang malah bisa mengerjakan banyak bidang.

    ReplyDelete
  25. Wah senangnya, jadi ada gambaran nih anak anak yang milih jurusan komunikasi jadi kebayang mau jadi apa nantinya. Sebab dulu anakku juga ketika akan memilih jurusan kuliah, bingung dia heuheu tfs mbak

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca tulisan saya, jangan lupa tinggalin komennya yaa ;)