Desain Kemasan Profesional Sebagai Media Komunikasi & Informasi

by - Saturday, January 11, 2020

Pembuatan logo murah

Jasa pembuatan logo murah dan desain kemasan profesional menjadi salah satu layanan yang sedang trend saat ini.

Di era modern, banyak industri rumah tangga yang memproduksi berbagai macam makanan khas dari daerahnya masing-masing. Semua bersaing dan berusaha dalam merebut pasar dengan target para konsumen yang dihadapkan pada banyaknya pilihan yang ada di pasaran.

Dengan kondisi ini, perusahaan tidak lagi mampu bersaing hanya dengan mengandalkan kualitas produk yang dihasilkan saja, tetapi perusahaan harus memikirkan cara membuat identitas produk buatannya mempunyai ciri khas. Ciri khas produk berguna agar perusahaan tersebut bisa dikenal luas dan pada akhirnya bisa menarik minat konsumen untuk membeli produknya.

Untuk menciptakan daya tarik dari konsumen, maka dibutuhkan terobosan kreatif atas produk salah satunya lewat desain kemasan profesional yang menarik minat beli. Kemasan pada suatu produk mencitrakan isi dari produk yang dipasarkan dan berusaha menawarkan produk tersebut di tengah-tengah himpitan produk lain. Maka, jika melihat hal tersebut dapat digunakan sebagai upaya komunikasi atas produk yang ditawarkan.

Suatu ciri khas pada produk dapat dikatakan sebagai identitas dengan suatu rancangan atas kemasan produk tersebut. Maka dari itu, desain kemasan profesional berguna untuk penggunaan jangka pendek yakni mengemas produk.

Dan sebagai tujuan jangka panjang yakni branding, sehingga dibutuhkan konsep yang matang dalam perancangannya. Agar desain kemasan profesional yang dibuat dapat berfungsi sebagai media komunikasi dan informasi. Berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam membuat desain kemasan profesional.
 
Membuat Konsep Desain Kemasan Profesional dalam Beberapa Pilihan

Pembuatan logo murah

Buatlah setidaknya 2 konsep desain kemasan profesional sebagai bahan perbandingan antar dua konsep desain profesional yang telah dibuat. Pilihan terbaik terhadap salah satu konsep menjadi indikasi karakter konsumen terhadap produk yang akan dikemas nantinya.

Menciptakan Desain Kemasan Profesional Yang Berkarakter
Desain kemasan harus berkarakter dan belum dipakai oleh produk lain. Produk yang ditawarkan memberikan kesan lebih menarik dan lebih unik dibandingkan produk lain dengan jenis usaha yang sama.

Menyesuaikan Desain Kemasan Profesional dengan Isi Produk
Desain kemasan profesional harus mengacu kepada jenis dan karakter produk yang akan dikemas. Misalnya, untuk produk sabun mandi batang, akan lebih cocok jika kemasan berbentuk kotak dibandingkan kemasan dengan bentuk lingkaran.

Menyesuaikan Desain Kemasan dengan Karakter Konsumen
Seorang desainer kemasan harus lihai dalam menganalisa kelompok segmen produk yang akan dikemas. Kemasan bukan hanya pada bagus atau tidaknya dari sisi grafisnya, tapi juga berkaitan dengan desain yang diciptakan.

Desain kemasan profesional harus selaras dengan sasaran pasar yang dibidik, sehingga calon konsumen tidak merasa asing dengan desain kemasan profesional yang dibuat. Membuat desain kemasan profesional harus sesuai dengan target pasarnya, bisa dibedakan berdasarkan umur konsumen, jenis kelamin konsumen, kelas harga penjualan, dan budaya daerah.

Menyisipkan Logo Perusahaan
Desain kemasan profesional

Logo berfungsi sebagai identitas bisnis yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan sehingga harus ada pada desain kemasan profesional. Sehingga, tahap awal yang harus dilakukan sebelum membuat desain kemasan profesional adalah membuat logo terlebih dahulu.

Dalam membuat logo juga diperlukan desain yang profesional. Maka dari itu, sebaiknya menggunakan jasa desain logo yang ada di sekitar kita. Saat ini, sudah banyak jasa pembuatan logo murah yang bisa dipilih.

Desain logo tersebut bukan berarti murahan, karena hasil yang diperoleh akan sangat memuaskan. Desainer yang menyediakan jasa pembuatan logo murah juga bisa memberikan banyak masukan kepada kita sehingga logo yang akan kita peroleh nantinya sesuai dengan brand bisnis yang kita jalankan.

Jika tidak sempat datang ke jasa pembuatan logo murah secara langsung, maka kita masih bisa mendapatkan jasa pembuatan logo murah secara online. Kita akan mendapatkan banyak informasi melalui internet mengenai jasa desain logo murah secara online. Intinya, dengan hadirnya jasa pembuatan logo murah saat ini, maka kita semakin mudah dalam mengelola kemasan yang diinginkan.

Mencantumkan Informasi Yang Penting
Desain kemasan profesional tidak hanya memberikan daya tarik dari sisi visual saja, tetapi harus menjadi media komunikasi antara produsen dengan calon konsumen.

Maka dari itu, dalam desain kemasan profesional harus tercantum informasi-informasi yang harus diketahui oleh calon konsumen seperti:
  • Nama produk/Nama makanan
  • Komposisi/daftar ingredients
  • Isi/netto
  • Nama dan Alamat pabrik/importer
  • Nomor BPOM/PIRT
  • Info Halal
  • Kode Produksi
  • Tanggal kadaluarsa
  • Petunjuk cara penyimpanan
  • Petunjuk cara penggunaan
  • Nilai Gizi dan lain-lain

***


Demikian tips membuat desain kemasan profesional sehingga kemasan dari produk suatu perusahaan dapat menjadi sebuah media komunikasi dan informasi antara perusahaan dan konsumen. Jika ingin memiliki desain kemasan profesional dan desain logo murah, kita dapat mengandalkan platform Sribu. Ada banyak pilihan jasa desain kemasan profesional dan desain pembuatan logo murah yang unik, kreatif, dan profesional.



pic source:
https://unsplash.com/photos/xqyuoRgMG4M
https://unsplash.com/photos/dHPZ27-fbqE
https://pixabay.com/id/photos/tee-kemasan-teh-herbal-629229/

You May Also Like

0 komentar