5 Lagu Tentang Ibu Terfavorit

 

pic source: pixabay.com

Ibu adalah sosok yang spesial bagi seorang anak. Ibu adalah malaikat tanpa sayap yang menjadi pelindung bagi anak-anaknya. Bahkan di dalam agama yang saya anut, ibu derajatnya tiga kali lebih tinggi dibanding ayah, jadi anak diminta untuk memuliakan ibunya tiga kali lebih besar dibanding ayah.

Saya adalah anak yang sangat bergantung pada mama. Dulu, saat masih SD, saya tidak bisa jauh dari mama. Setiap kali liburan ke rumah nenek atau ke mana pun, di hari pertama dan kedua saya akan selalu menangis mengingat mama. Bayang-bayang wajah mama baru hilang di hari ketiga saat saya mulai terbiasa dan terbawa suasana di tempat baru.

Saat hendak masuk SMA, sebenarnya saya ingin bersekolah di kota Baubau, namun karena tidak bisa jauh dari mama, keinginan itu terkubur. Saya baru benar-benar bisa pisah dari mama saat hendak kuliah, itupun dengan berat hati dan penuh perjuangan. Demi meraih cita-cita adalah hal yang selalu saya tanamkan dalam hati dan pikiran agar rasa enggan berpisah dengan mama itu perlahan-lahan berkurang.

Baca Juga: Kenagan Tak Terlupakan Saat Naik Kapal Laut

Ngomong-ngomong tentang ibu, kali ini saya akan menuliskan 5 judul lagu tentang ibu yang paling saya sukai. Bila kangen pada mama, selain menelepon mama, saya biasanya akan mendengarkan lagu-lagu ini. Penasaran? Berikut kelima judul lagu tersebut:

🎧 Bunda - Melly Goeslaw

Jujur saja, saya terlambat tahu keberadaan lagu ini. Saya baru mendengarnya ketika sudah jadi mahasiswa semester 3 pada tahun 2004, padahal lagu ini sudah dirilis sejak tahun 1997, ckckck sungguh kudet saya ini! Saya mendengarnya pertama kali di radio dan langsung jatuh cinta pada lirik lagunya.  Lagu ini bercerita tentang seorang anak yang mengenang ibunya setelah membuka album foto masa kecilnya. Si anak larut dalam ingatan tentang kasih sayang ibunya yang tulus mencintainya. Dalam kenangan sang anak, ibunya adalah sosok yang rela memberikan seluruh jiwa dan raga buat anak tercinta.

🎧 Pesona Potretmu - Ada Band

Pada dasarnya saya penggemar Ada Band, maka ketika mereka mengeluarkan lagu tentang ibu, saya pun langsung menyukainya. Lagu ini menggambarkan sosok ibu yang penuh cinta dan tetap tegar walau sudah ditinggal pergi untuk selamanya oleh sang kekasih hati. Entah mengapa, saya merasa lagu pesona potretmu ini seakan diciptakan khusus buat mama saya, hehehe. Lirik lagunya kok seperti menggambarkan kondisi mama saya. Ini salah satu penggalan liriknya "dia yang kau cinta telah lama meninggalkan dirimu sendiri namun kau tetap berdiri tegar pada dunia" .

🎧 Ibu - Iwan Fals

Lantunan suara Iwan Fals yang menyanyikannya seolah memberi roh pada lagu ini. Setiap kali mendengar lagu ini, rasa kangen pada mama semakin besar. Lirik lagunya sangat dalam tentang ibu yang rela melewati rintangan demi anak tercinta.

🎧 Air Mata Ibu - Siti Nurhaliza

Semua pasti setuju suara Siti Nurhaliza itu merdu. Saya adalah penyuka lagu-lagu Siti mulai dari lagunya zaman dulu hingga lagu terbarunya. Maka ketika ia menyanyikan lagu tentang ibu ini saya langsung jatuh hati. Lagu yang berjudul Air Mata Ibu ini berkisah tentang seorang anak yang mencoba menduga sebesar apa perjuangan seorang ibu. Menurut sang anak, pengorbanan seorang ibu itu tak akan pernah bisa diukur karena nilainya sangat besar.

🎧 Goodbye's The Saddest Word - Celine Dion

Lagu tentang ibu yang kelima yang menjadi favorit saya adalah lagu dari Celine Dion yang berjudul Goodbye's The Saddest Word. Sejak lama saya menjadi penyuka lagu-lagu Celine Dion karena semua lagunya memang bagus-bagus. Lagu yang berjudul Goodbye's ini sangat menyentuh hati tentang seorang anak yang mengungkapkan rasa cinta kepada ibunya. Anak yang merasa sedih suatu saat nanti ibunya akan mengucapkan selamat tinggal kepadanya.

pic source: pixabay.com

Itulah 5 lagu tentang ibu yang menjadi favorit saya. Lagu yang biasa saya dengarkan saat kangen pada mama. Bagaimana? Adakah yang sama dengan saya yang menyukai kelima lagu tentang ibu di atas? Kalo ada, ayoo toss dulu. Atau mungkin kamu punya lagu favorit tentang ibu yang judulnya berbeda dengan yang saya tuliskan di atas? Yuk bagi infonya di kolom komentar 😉



Lakudo, 5 April 2021


16 Comentarios

  1. Lagu melly sama iwan fals terdabest :D

    BalasHapus
  2. Setiap membaca kalimat ibu menyentuh banget, apalagi dituangkan dalam lirik lagu menjadi terngiang dalam pikiran

    BalasHapus
  3. Lagu Bunda hits , a997, saat saya kuliah tahun ketiga di Bali, dengernya bikin nangis karena kangen Ibu saya di Kediri. Favorit bangets sama lagu ini.
    Kalau lagu Celine Dion, meski saya tahu beberapa baru tahu ini saya

    BalasHapus
  4. Dari semua lagu di atas, yang paling bisa bikin "mewek/menangis" adalah lagu dari tante Melly Goeslaw...gila bener ini lagu bisa bikin nangis pas ada acara seminar motivasi waktu duduk di kelas SMA dulu....duh mata sampe sembab dengerin tuh lagi pas distel oleh motivator di atas gelanggang...haha :D

    BalasHapus
  5. Number One For Me - Maher Zein juga enak didengar. Video clipnya pun bagus. Jadi pengen balik ke masa kecil kalau lihat videonya :)

    BalasHapus
  6. auto putar semua di spotify karena lagu tentang ibu selalu bikin mellow dan pingin dipeluk ibu tercinta :D

    terimakasih remindernya ya ^^

    BalasHapus
  7. Semua lagu yang liriknya tentang Ibu bikin haru aja semua. Bahkan lagu anak-anak yang pertama kali dikenalkan ya Kasih Ibu kepada beta itu lhooo...
    Pengarangnya ga tahu siapa...

    BalasHapus
  8. Bagus baguuusss banget Mba, lagu yg berkisah tentang IBU. sering bikin auto mewek.
    Apalagi yg IBU by Iwan Fals, aku sukaaa banget

    BalasHapus
  9. Lumayan suka dengan lagu bertema Ibu dari teh Melly & om Iwan. Dalem banget lagunya.

    BalasHapus
  10. Lagu BUNDA nya MELLY GOESLAW itu seperti lagu wajib. Kayaknya hampir semua orang hafal dan suka. Liriknya memang bermakna. Musiknya pun mendayu, easy listening dan syahdu.

    BalasHapus
  11. Yang Melly sama yang Iwan Fals sering banget daku denger dimana-mana lagunya. Sebab memang liriknya dalam banget buat ditelaah.

    BalasHapus
  12. Lagu bagus semua, dan aku juga suka semuanya. Ada satu lagi mbak, Judulnya Andai Aku Besar Nanti, penyanyinya Sherina Munaf. Itu juga bagus, dan aku selalu merinding dan terharu tiap dengernya.

    BalasHapus
  13. Bunda itu legendaris banget sih, waktu aku SD dengerin ini selalu terharu hiks.. sampai sekarang masih suka dengerin ini hehe

    BalasHapus
  14. Bunda - Melly Goeslaw dan Ibu - Iwan Fals, termasuk list lagu tentang ibu favoritku juga mba. Tapi setelah baca di sini jadi penasaran mau nyari Goodbye's The Saddest Word - Celine Dion juga nih

    BalasHapus
  15. Dari kelima lagu itu, lagunya Om Iwan Fals yang berhasil selalu membuat hatiku bergetar dan meneeteskan air mata, padahal sudah sering dengar lagi itu. Tapi, efeksnya tetap sama, masuk banget ke jiwa.

    BalasHapus
  16. Lagu Bunda udah fix bikin nangis huhuhu. Pas dengar dentingan piano di awalnya langsung mata jadi berair secara automatis huhuhuhu. Apalagi pas dinyanyiin pas wisuda huaaaaaaaaaaa. Banyak yang nangis, termasuk Bapak-bapak S3 :'')

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca tulisan saya, jangan lupa tinggalin komennya yaa ;)

Member Of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan