5 Sitkom Berdurasi 30 Menit Favorit di Masa Lalu

pic source: pixabay.com

Jaman dulu, selain mega sinetron yang biasanya berdurasi tayang 60 menit atau 1 jam, ada juga jenis sinetron yang durasi tayangnya itu hanya 30 menit alias setengah jam. Sinetron seperti ini biasanya ceritanya ringan-ringan saja, tidak menguras emosi dan sifatnya sangat menghibur. Biasanya setiap episodenya memiliki konflik berbeda namun konfliknya akan langsung diselesaikan di episode yang sama. 

Sepertinya sinetron jenis ini memang ditayangkan untuk menyegarkan pikiran penonton sebelum menyaksikan mega sinetron dengan konflik yang berat. Di masa itu ada beberapa jenis sinetron seperti ini yang menjadi favorit saya. Setelah saya ingat-ingat, 5 sinetron komedi berdurasi 30 menit berikut adalah favorit saya, diantaranya:

1. Jinny oh Jinny

Diperankan secara apik oleh Diana Pungky dan Indra L Bruggman. Bercerita tentang Jinny (Diana Pungky) seorang jin cantik yang terkurung di dalam kerang yang diselamatkan oleh Bagus (Indra L Bruggman), salah satu karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan budi daya mutiara. Jinny dan Bagus kemudian bersahabat (namun sepertinya mereka saling menyukai). Banyak cerita seru dan lucu yang terjadi di sekitar mereka. Kisahnya semakin seru ditonton dengan kehadiran Jaka dan Pak Baroto yang merupakan rekan dan atasan Bagus di kantor. Nonton Jinny oh Jinny membuat waktu 30 menit seperti tidak terasa. Konfliknya ringan dan dikemas secara lucu, jadi penonton sinetron ini semakin betah menontonnya. Sinetron ini tayang setiap malam minggu di RCTI

Jinny yang centil dan menggemaskan

2. Jin dan Jun

Sama seperti Jinny oh Jinny, Jin dan Jun juga bercerita tentang persahabatan jin dan manusia. Namun berbeda dengan Jinny, Om Jin di Jin dan Jun adalah seorang lelaki sepuh. Sinetron ini bercerita tentang Jun (Sahrul Gunawan) yang menemukan sebuah botol di sela-sela batu karang di laut Kidul. Karena penasaran, Jun lantas membuka botol itu. Tak disangka dari dalam botol itu keluar sesosok Jin yang telah terkurung selama 3000 tahun. Merasa telah dibebaskan oleh Jun, sang jin pun mengabdikan hidupnya pada Jun. Sinetron ini berisi petualangan Jun dan Om Jin sangat seru untuk ditonton. Ditayangkan di RCTI setiap malam Jumat pukul 20.30 - 21.00 WITA.

Jun dan Om Jin

3. Lola dan Liliput

Seperti judulnya, Lola dan Liliput bercerita tentang persahabatan Lola (Diah Permatasari), seorang cewek cantik nan baik hati dengan tiga liliput yang bernama Sendy (Dede Yusuf), Sero (Komeng) dan Sembo (Zainal Abidin Domba). Diceritakan bahwa dengan minum susu, maka ketiga liliput tersebut dapat berubah menjadi manusia normal. Setelah minum susu, secara otomatis tubuh mereka akan berubah menjadi besar dan gagah, namun ini terjadi hanya di waktu-waktu tertentu saja. Ketiga liliput ini memiliki rumah yang indah namun mereka harus selalu waspada karena memiliki musuh besar yakni seekor kucing putih yang siap menerkam mereka kapan saja. Lola dan Liliput tayang di RCTI setiap malam Selasa.


4. Boneka Poppy

Sinetron berikutnya berjudul Boneka Poppy. Diperankan oleh Diana Pungky dan Adam Jordan. Sinetron ini berkisah tentang keseharian Tomy (Adam Jordan) dengan bonekanya. Boneka tersebut sangat mirip dengan Poppy (Diana Pungky), kekasihnya yang sudah meninggal karena kecelakaan. Tomy yang sangat kehilangan kemudian mendapatkan boneka atau manekin yang secara fisik sangat mirip dengan Poppy. Yang menarik, saat tidak ada orang lain (selain Tomy), boneka tersebut bisa bergerak dan berbicara selayaknya manusia namun bila tiba-tiba ada yang datang maka ia akan kembali berubah menjadi boneka. Saya menonton sinetron ini di SCTV, lupa jam berapa, yang saya ingat, saya nontonnya siang hari setelah pulang sekolah.



5. Tuyul dan Mbak Yul

Sinetron berdurasi 30 menit terakhir yang menjadi favorit saya adalah Tuyul dan Mbak Yul. Bercerita tentang persahabatan Yulia (Dominique Sanda) dengan Ucil (Ony Syahrial), seorang tuyul insyaf. Insyafnya Ucil rupaya tidak disukai oleh raja tuyul, sehingga raja mengutus algojo tuyul untuk menangkap Ucil. Dalam pelariannya dari algojo yang terus mengejarnya, Ucil bertemu dengan Yulia dan keduanya menjalin persahabatan. Di akhir setiap episode dari sinetron ini, kita akan selalu menyaksikan wajah algojo tuyul yang terbakar karena terkena senjatanya sendiri. Lucu deh melihat wajah mereka yang gosong, hehehe. Sinetron ini tayang setiap malam Rabu di RCTI.



Itulah 5 sinetron komedi berdurasi 30 menit yang menjadi favorit saya jaman dulu. Kelima sinetron ini memiliki satu kesamaan yang sudah saya tuliskan di awal yakni ceritanya ringan dan menghibur. Konflik yang dimunculkan pun tidak akan membuat penonton emosi, yang ada malah membuat sinetronnya semakin seru.

Oh iyaa, saat googling foto-foto sinetron di atas, saya baru tahu kalau ternyata kelima sineton yang saya tuliskan ini pernah ditayangkan kembali di ANTV. Pantas saja saat googling foto Lola dan Liliput, yang muncul adalah hasil tangkapan layar di ANTV, padahal aslinya sinetron ini tayang di RCTI. Sepertinya ANTV sengaja menayangkan kembali sinetron-sinetron jadul ini untuk membangkitkan memory pecinta sinetron ringan ini di masa lalu.

Apakah kalian juga menonton sinetron ini di masa lalu? Kalo iyaa, dari kelima sinetron di atas, mana yang menjadi favoritmu?


Lakudo, 17 Februari 2022

18 Comments

  1. Sedari kecil saya kurang tertarik dengan 5 film diatas 😂 yang saya ikuti saat itu paling Power Rangers dan Ultraman haha

    BalasHapus
  2. Wadawwwww..kayaknya kita seumuran nih. Tontonannya ya sitkom di atas itu. Ya zaman dulu sih ngga ada tontonan lucu yg bisa ditonton semua orang. Mau nonton ludruk, tapi ngga semua orang suka. Ya sinetron2 ringan kayak sitkom ini sih yg dl sering ditonton bersama, sebelum cerita Mak Lampir dan Grandong yg booming, serta Tersanjung! Hehehe..

    BalasHapus
  3. Jadi nostalgia lagi, nih. Dari kelimanya cuma Lola dan Liliput yang saya lupa pernah menonton nya. Kalau Boneka Poppy seingat saya dulu pernah nonton.

    Dulu juga pernah tuh dibikin crossover antara Jin dan Jun sama Tuyul dan Mbak Yul walaupun cuma satu episode (seingat saya) jauh sebelum Avengers Assemble. Hehehe.

    BalasHapus
  4. Hampir semua saya pernah nonton. Paling favorit Jinny, hehe. Dulu nontonnya pas kecil banget. Pernah liat siaran ulangnya juga. Jadi kangen sitkom semacam ini.

    BalasHapus
  5. 5 film ini mana bisa di lupakan.kalau lagi ngumpul bareng teman kadang suka cerita ttg film dulu. Paling suka pantengin jinny oh jinny, jin dan jun, dan juga yul dan mbak yul

    BalasHapus
  6. Demi apa nostalgia banget baca ini hahahah. Aku penonton setia kelima-limanya. Bahkan beberapa tahun lalu mereka diputer lagi lho di tv, terutama jinny oh jinny. Jaman skg kayanya nonton TV itu males. Jaman dulu suka nonton TV yang modelan begini sama kuis-kuis juga^^ sekarang nggada ya kuis-kuis gtu

    BalasHapus
  7. Wahh nostalgia bangett ya mba, haha. Duhh rindu nonton film2 beginian, kocak2 deh filmnya gak garing juga😁😁 Dari semua itu paling suka no.1 dan 2, hehehe yg lainnya paling pernah nonton aja sih

    BalasHapus
  8. Berasa diajak kembali ke masa silam baca ulasan sinetron-sinetron di atas. Hanya Boneka Poppy yang gak pernah aku tonton, malah gak tahu ada sitkom itu 😁

    Sekarang banyak drama bagus yang bisa ditonton lewat aplikasi, sinetron di TV sudah banyak ditinggalkan, walau begitu bukan berarti ga ada penonton sama sekali.

    ~Katerina/travelerien

    BalasHapus
  9. Ada, itu sinetron jadul yang kalau pas pulang sekolah jadi tayangan yang ditunggu-tunggu hehe. Padahal PR dari sekolah juga menunggu wkwkwk

    BalasHapus
  10. Favorit saya tuyul dan mbak yul, hehehe. Coba kalau dibuat film yang isi ceritanya semua tokoh tersebut hadir dalam satu petualangan baru, membasmi virus corona misalnya. Seru gak sih, ya? :))

    BalasHapus
  11. Hahahahah Jinny oh Jinny yg keren sih kak.
    Film lawas, tapi pernah di bikin terbaru, dan bagas nya yg muda..
    Rata2 pemain lainnya udh pd tua... Mungkin karna peminatnya banyak, jadi dibikin ulang film nya dengan beberapa artis baru.

    BalasHapus
  12. ingat banget dulu rajin nungguin sinetron ini tiap malam apalagi jin dan jun sama tuyul dan mbak yul itu. hihi. kalau lola dan liliput aku belum pernah nonton kayaknya

    BalasHapus
  13. Ya ampun.. jadi bernostalgia nih. Favoritku zaman SD tuh Jinny oh Jinny, tuyul dan mbak yul dan jin dan jun tuh mbak.

    BalasHapus
  14. waaa ini aku nonton semua sih! di jamannya memang paling seru. tapi kalau ada di tv lagi pun aku masih suka tonton

    BalasHapus
  15. Jadi berasa nostalgia aku mba, haha

    Itu aku udah nonton semua, ketauan banget deh sekarang umurnya berapa. Wkwkwk

    BalasHapus
  16. Nonton sih mbak hihi .. tapi kok yaaa bisa ya dulu nonton itu aja udah bahagaia gitu
    sekarang perasaan aku cerewet deh kalo nonton sinetron *dikeplak

    BalasHapus
  17. wahhh tontonanku semua ini pada zamannya hahaha
    tengkiyu mbak udah bikin memori aku balik lagi
    sukak semua lah ini, dulu sinetron ga perlu panjang panjang kecuali tersanjung hahaha
    jinny oh jinny ini lucu, ringan, tuyul dan mbak yul juga
    suka semua

    BalasHapus
  18. Ya ampun aku kangen masa kecilku. Dulu pulang sekolah tontonan nya ya sitkom2 di atas. Plus kalo malam ada kuis2 gitu kan ya di tv. Hiks kangen banget dulu sitkom lucu2 bkin ketawa

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca tulisan saya, jangan lupa tinggalin komennya yaa ;)