Acara Kuis Terfavorit di Masa Lalu

pic source: pixabay.com


Selain sinetron dan acara infotainment, dulunya saya juga penggemar acara kuis di televisi. Nonton kuis itu seperti melatih pengetahuan saya dan rasanya menyenangkan bisa ikut menjawab pertanyaan yang diberikan si pembawa acara. Apalagi bila jawaban saya ternyata benar, wahh ada kebanggaan di dalam dada ini, hahaha đŸ˜…

Entahlah, mungkin pada dasarnya saya suka berkompetisi, jadi saya menyukai acara-acara yang menampilkan perlombaan atau pertandingan (kecuali pertandingan sepakbola, saya kurang bisa menikmati, hehehe maaf buat fans sepakbola). Makanya saya jarang melewatkan acara kuis yang ditayangkan di televisi. Apalagi saat itu, televisi masih menjadi primadona yang banyak disukai orang-orang yang membutuhkan hiburan dari rumah. 

Dulu, ada beberapa judul acara kuis yang hampir tidak pernah saya lewatkan. Berikut 5 judul acara kuis yang menjadi favorit saya:

1. Family 100

Kuis Family 100 adalah kuis favorit yang selalu saya saksikan. Kuis ini tayang di Indosiar setiap hari pukul 18.00 WITA. Di hari biasa (Senin sampai Jumat), yang menjadi peserta kuis adalah keluarga masyarakat biasa yang diundang ke studio sedangkan di akhir pekan (Sabtu dan Minggu), peserta kuis adalah keluarga selebriti. Nonton kuis ini menjadi rutinitas keluarga kami setiap sore sebelum makan malam. Saat pertanyaan dibacakan oleh presenternya, Sonny Tulung, kami sekeluarga berlomba-lomba ikut menjawabnya.

Acara kuis ini sangat fenomenal. Kalau tidak salah, kuis ini sempat pindah stasiun tivi, di Trans 7 dan ada versi barunya, yang tayang di ANTV yang dibawakan oleh Ananda Omesh, cmiiw.

2. Siapa Berani

Acara kuis selanjutnya yang menjadi favorit saya adalah Siapa Berani. Sama seperti Family 100, kuis Siapa Berani ini juga tayang di Indosiar, namun jam tayangnya pagi hari setiap Senin sampai Jumat pukul 09.00 WITA. Peserta kuisnya banyak dan berkelompok. Karena itulah kuis ini seru banget karena masing-masing kelompok diminta untuk membawakan yel-yel mereka. Dibawakan dengan apik oleh Helmi Yahya dan Alya Rohali kuisnya juga beregu.

Helmi Yahya & Alya Rohali

3. Komunikata

Acara kuis yang berikutnya adalah Komunikata yang tayang di TPI (sebelum berubah nama menjadi MNC) setiap Senin sampai Jumat pukul 18.30 WITA. Kuis ini dipandu oleh Isam Surentu. Diikuti oleh dua kelompok yang masing-masing kelompoknya berjumlah lima orang. Kuis ini sangat menghibur dan bikin relaks membuat penonton (maksudnya saya, hahaha) betah menyaksikannya. Cara main kuis ini unik. Pembawa acara memberi clue kepada salah satu peserta (sedang peserta lain mendengarkan musik di headphone) kemudian si peserta yang diberi clue tersebut diminta untuk menyampaikannya kepada teman-temannya menggunakan gerakan isyarat.


4. Tebak Gambar

Acara kuis yang satu ini tayang di RCTI. DIbawakan oleh David Chalik, tayang setiap Senin sampai Jumat jam 13.30 WITA. Sesuai namanya, peserta kuis ini diminta untuk menebak gambar. Siapa yang bisa menebak gambar, dialah yang akan jadi pemenang. Acaranya ringan dan sangat menghibur. Karena suka nonton kuis ini saya jadi malas tidur siang, hehehe

5. Who Wants to be a Millionaire Indonesia

Sama seperti Family 100, Who Wants to be a Millionaire Indonesia ini juga menjadi kuis favorit di  rumah kami. Acara kuis ini hanya tayang seminggu sekali yaitu setiap Sabtu malam pukul 20.00 WITA di RCTI. Dipandu oleh Tantowi Yahya, penonton berhasil dibuat deg-degan. Semakin lama, pertanyaan yang diajukan semakin sulit namun hadiah yang ditawarkan juga semakin besar. Di situlah letak keseruan acara ini. Saking sukanya pada kuis ini, papa yang biasanya selalu ngantuk saat nonton tv, bisa melek dan menonton acaranya hingga selesai. Ahh, jadi kangen pada almarhum papa deh, hiks ☹️.

pic source: kaskus


**

Itulah 5 acara kuis favorit saya di masa lalu. Jadi kangen deh pengen nonton semua acara kuis itu lagi. Sayangnya sekarang saya tidak pernah lagi menonton tv jadi tidak tahu apakah acara kuis masih ditayangkan di televisi. 

Apakah kalian juga sama seperti saya? Suka nonton acara kuis yang ditayangkan di televisi? Kalo iyaa, kuis-kuis apa saja yang menjadi favorit kalian?



Lakudo, 13 Mei 2022

5 Comments

  1. yups..Family 100 adalah quiz TV favorite saya.. oh ada lagi yg Berpacu dalam emosi..eh..dalam melody!! Koes Hendratmo khas sekali dlm membawakan quiz ini 😁

    BalasHapus
  2. Bagi saya, jenis acara kuis yang disebutkan di atas belum ada tandingannya. Yang saya ingat kuis komunikata, ini bikin ngakak, dari belakang ke depan, kalimatnya bisa berubah-ubah.

    BalasHapus
  3. Wah iya, dulu banyak ya acara kuis di televisi
    Favoritku tak tik boom, kata berkait dan who wants to be millionaire oh iya , sama Family 100 juga

    BalasHapus
  4. Yang saya panteng yg Family 100 dan WWTAM.
    Yang lainnya agak samar-samar.
    Btw, Berpacu Dalam Melodi gak masuk ni ya :D :p

    BalasHapus
  5. Aih, artikel ini membawa kembali kenangan manis tentang quiz jaman dulu. Dulu saya nunggu-nunggu banget Who Wants to be Millionare di tivi dan berandai-andai kalau udah dewasa pengen ikutan. Quiz jaman dulu tuh kayaknya lebih seru dibanding sekarang yah

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca tulisan saya, jangan lupa tinggalin komennya yaa ;)