Don't Judge a Book by It's Cover

pic source: pixabay.com

 

 Don't Judge a Book by It's Cover

Saya setuju banget dengan kalimat ini. Jangan menilai buku dari covernya, karena isi lebih penting dari sekedar sampul. Hal ini juga berlaku pada penilaian saya terhadap sesama manusia. Walau tampilan seseorang bisa mempengaruhi penilaian saya terhadap orang tersebut, namun ketika mengenalnya lebih dalam ada hal penting lain yang lebih menjadi perhatian saya dibanding penampilan semata.

Saya percaya, setiap manusia punya keunikan masing-masing yang tidak boleh disamakan dengan manusia lainnya, makanya kalau melihat "sesuatu" yang berbeda dari seseorang yang saya anggap "aneh dan tidak umum", saya tidak buru-buru menilainya sebagai sesuatu yang salah, terlebih bila saya baru mengenal orang tersebut.

Baca Juga: Random Fact About Me Part 1

Pernah sih beberapa kali kening saya dibuat berkernyit memandang keanehan dari orang yang saya temui, namun keheranan saya cukup saya pendam dalam hati, tidak sampai saya keluarkan, sambil pelan-pelan saya menasehati diri sendiri bahwa mungkin hal aneh itu adalah ciri khas dari orang tersebut. Saya belajar cuek dan tidak peduli pada hal-hal aneh yang saya lihat.

Saya punya pengalaman bertemu seseorang dengan penampilan urakan, terlihat seperti bad boy, namun di balik itu semua ternyata dia sangat penyayang pada binatang, pun sangat memperhatikan kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Di waktu yang lain, saya pernah melihatnya menuntun seorang nenek untuk menyeberang di jalan raya. Sungguh romantis rasanya melihat pemandangan seperti itu.

Baca Juga: Namanya, Wenny!

Di lain kesempatan, saya juga pernah satu angkot dengan seseorang dengan penampilan rapi dan terlihat berpendidikan yang membuang bekas botol minumnya di jendela angkot yang sedang melaju. Ingin saya menegurnya tapi saya takut urusannya bakalan panjang. Ahh, penampilan memang sering menipu, walau tentu saja kita tidak bisa menafikkan fakta bahwa masih banyak orang perilakunya tercermin dari penampilannya.

Baca Juga: Random Fact About Me Part 2

Saya selalu menanamkan dalam hati dan pikiran bahwa banyak hal yang terjadi dalam kehidupan ini yang tidak sesuai ekspektasi. Olehnya itu, diperlukan kebesaran hati untuk menerimanya. Termasuk di antaranya adalah saat mengetahui sifat buruk dari seseorang yang selama ini terlihat sempurna.


0 Comments

Terimakasih sudah membaca tulisan saya, jangan lupa tinggalin komennya yaa ;)