Suara-Suara yang Mengganggu (Part 2)

pic source: pixabay.com

Semakin dewasa, biasanya orang semakin menghindari keribetan dan hal-hal yang menyusahkan, terutama yang menyusahkan diri sendiri. Tidak salah bila semakin dewasa orang ingin hidup tenang jauh dari keramaian dan ingin melakukan hal-hal yang disukai saja.

Ngomong-ngomong tentang ketenangan, kali ini saya akan menuliskan sesuatu yang masih berhubungan dengan hal ini. Terbebas dari suara-suara mengganggu adalah salah satu yang bisa membuat tenang hidup ini. 

Beberapa waktu lalu saya pernah menulis tentang suara-suara yang mengganggu  yang beberapa kali saya rasakan. Namun karena saat itu sedang mager buat nulis panjang jadilah artikelnya saya bagi dua. Kali ini adalah kesempatan untuk menuliskan part duanya.

Lalu suara-suara apa lagi yang mengganggu di telinga saya? Check this out

đŸšĢ Suara Petasan (mercon)

Suara petasan adalah suara yang sangat mengganggu. Saya bingung, apa sih manfaat dari petasan ini? Sudahlah suaranya segede geledek, menghabiskan uang, sangat berbahaya pula bagi orang yang memegang dan lingkungan sekitarnya. Saya ingat, bertahun-tahun lalu di hari lebaran, saat saya masih duduk di bangku SMP, ada sepupu jauh yang tangannya buntung karena dikena mercon. Entah jenis mercon apa yang dimainkannya hingga lebaran kali itu menjadi lebaran menyedihkan untuknya. Bagaimana tidak, di hari nan fitri itu dia merayakan kegembiraannya dengan membakar mercon, namun alih-alih kebahagiaan, yang didapat adalah tangan buntung dan air mata. Keluarga besar dibuat heboh oleh kejadian tak terduga itu.

đŸšĢ Orang Karaoke Tapi Suaranya Fals

Suara berikutnya yang mengganggu adalah orang karaoke tapi suaranya fals. Suara dan musiknya tidak seiring sejalan, musik ke mana, suara penyanyinya kemana, masing-masing mencari jalan sendiri (seperti lagunya Alm. Pance Pondaag saja đŸ˜„). Memang ada yang seperti ini? Aaadaa dong! Entah apa yang ada di pikiran si penyanyi hingga ia merasa percaya diri bernyanyi non stop dengan suara seperti itu đŸ˜‚. Oh iyaa ketambahan lagi bila musiknya diputar dengan suara besar di jam-jam kita sedang beristirahat, double combo mengganggunya.

Baca Juga: Terjebak & Tertipu

đŸšĢ Suara Alarm Dari Hape Suami

Tujuan alarm dipasang adalah untuk membangunkan atau menyadarkan kita. Tentu ini adalah hal yang sangat membantu. Namun bagaimana bila si pemasang alarm tidak bangun juga saat alarmnya berbunyi? Ia malah membiarkan alarmnya berbunyi meraung-raung hingga mengganggu orang-orang di sekitar. Yap, itulah suami saya. Dia tidak pernah bangun saat alarmnya berbunyi, jadi sayalah yang selalu jadi korban. Terpaksa bangun untuk mematikan alarm itu. Doi? Hmmm boro-boro bangun, yang ada tidurnya semakin lelap đŸ™„ 

đŸšĢ Suara Telinga Berdenging

Bagi orang lain, telinga berdenging mungkin bukanlah apa-apa, tapi tidak buat saya. Entahlah, mungkin saya terlalu terpengaruh dan percaya pada mitos jadinya setiap kali saya mengalami telinga berdenging, besoknya atau beberapa hari kemudian saya akan mendengar berita kurang menyenangkan. Makanya setiap kali telinga berdering saya bawaannya was-was dan takut, huhuhu

Baca Juga: Sakit Bergilir

đŸšĢ Suara Orang Beradu Mulut (Bertengkar)

Saya ingat, saat masih kuliah beberapa tahun lalu. Ada pasutri yang tinggal di sekitar kost-an kami sering beradu mulut. Saking "serunya" adu mulut itu, suara mereka terdengar sampai ke tetangga. Saat teman-teman memilih kepo dan pergi melihat kehebohan itu, saya duduk diam di kost. Entah mengapa saya tidak terlalu suka mendengar ketegangan suara itu. Setiap mendengar orang beradu mulut, yang ada di pikiran saya adalah semua akan berakhir dengan kekerasan. Salah satu dari dua orang yang bertengkar itu akan melakukan kekerasan kepada yang lainnya. Makanya saya selalu merasa terganggu mendengar suara orang beradu mulut. Bahkan bila adu mulut itu terjadi di kantor, saya memilih untuk diam dan pergi menjauh.

pic source: pixabay.com

Itulah lima jenis suara yang sangat mengganggu bagi saya. Setiap mendengar suara yang mengganggu dan tidak menyenangkan ini biasanya saya mencoba menghindari asal suaranya namun bila tidak bisa, terpaksa saya harus mendengarnya sampai habis atau melakukan hal lain yang mengalihkan konsentrasi saya dari hal yang kurang menyenangkan ini.

Kalau kalian, pernah mendengar suara yang mengganggu juga? Suara apa saja itu? Yuk bagi ceritanya di kolom komentar đŸ˜‰


Lakudo, 23 September 2022

6 Comments

  1. Orang Karaoke Tapi Suaranya Fals
    HAHAHAHAHAHAHAH
    Orang itu adalah aku, makanya aku tidak memasukkan karaoke sebagai hiburan pilihan. Kalau diajak karaoke ama teman, tak ada yang mau mengiringi. Akupun sungkan, jadi cuma nyanyi 1-2 lagu saja lol. Sisanya aku pilih jadi tukang kecrek aja.

    BalasHapus
  2. Suara orang nge ghibah alias menggosip juga mengganggu.. karena bikin pengen ikutan menggosip hahahhahaa.. sama suara dari masa lalu juga mengganggu tuh mbak.. eeehhhhh ...

    BalasHapus
  3. Benar sekali. Polusi suara bersumber dari listing yang dituliskan di atas. Rasanya ingin menyumpal telinga dengan penutup telinga kualitas terbaik. Agar bisa kembali hening, sunyi dan sepi

    BalasHapus
  4. Waduu...heheh, suara orang fals emang rada mengganggu yaa..
    Dan parahnya, biasanya mereka gak sadar kalau suaranya gak nyaman untuk orang lain.
    hiiks~

    Kalau aku suara yang ganggu adalah di klaksonin kendaraan lain.
    Rasanya belajar sabar di jalan raya itu bener-bener gak mudah.

    BalasHapus
  5. Suara hp suami bikin saya ngakak mbak... itu alarmnya justru bikin saya yang bangun, bukan suami. Kebalikannya, alarm hp saya justru bikin suami yang bangun, bukan saya. Saking sudah nyaman dengan bunyi alarm masing-masing.

    BalasHapus
  6. Eh kok sama ya mbak, suara yg mbak sebutkan mengganggu tersebut saya pun merasakannya. Pernah loh saking sebelnya dengan bunyi alarm HP suami, saya mual tiap kali mendengarnya. Itu pas saya hamil. Haha... Kalau ingat kejadian itu, aneh rasanya. Tapi memang kenyataanya gitu. Bener-bener menganggu deh

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca tulisan saya, jangan lupa tinggalin komennya yaa ;)